Yogurt Batang Cabai

Rabu, 08 November 2023 - 21:22:56


/

Radarjambi.co.id-Ketenaran Yogurt saat ini sudah menjadi hal yang umum di masyarakat, khususnya para Millenial dan Gen-Z yang lebih familiar akan produk ini. Yogurt sendiri adalah sebuah olahan produk yang berbahan dasar susu sapi melalui proses fermentasi hingga menghasilkan bakteri asam laktat seperti Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus.

Kedua bakteri tersebut berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang khas pada Yogurt, dan juga bermanfaat bagi pencernaan untuk mengurangi zat beracun dalam tubuh.

Olahan produk yang dipercaya berasal dari Turki ini, tentunya memiliki berbagai macam pengolahan hingga banyak manfaatnya.

Di sisi yang lain, masyarakat kita saat ini cukup kewalahan dengan masalah limbah-limbah pangan. Dikutip dari blog.pigijo.com diketahui bahwa limbah pangan tersebut juga rata-rata dari limbah rumah tangga.

Sehingga harusnya bisa dimanfaatkan dengan lebih baik lagi, baik untuk konsumsi pribadi hingga bahkan menjadi ide bisnis usaha. Salah satu dari berbagai limbah pangan rumah tangga tersebut adalah batang cabai.

Kegemaran masyarakat akan sambal dan berbagai produk olahannya sungguh sangat besar, tapi tak sebanding dengan pengolahan limbahnya yang jarang diketahui, misalnya pengolahan batang cabai menjadi starter pengolahan Yogurt.

Seperti dalam video YouTube dengan judul “Bikin YOGURT dari Cabai dengan Susu UHT” yang di unggah oleh kanal Endah Rosriana tersebut dijelaskan bahwa pengolahan Yogurt dengan batang cabai ini terbilang cukup mudah, berikut beberapa step pengolahan Yogurt dengan batang cabai tersebut.

Bahan yang digunakan pun simpel dan terjangkau, yaitu cukup batang cabai(bebas jenisnya) dan susu UHT kemasan jika tidak ada susu steril murni dari peternakan langsung.

Pembuatan Yogurt ini juga mudah dan terjangkau, mulai dari bahan yang hanya memerlukan susu UHT yang bisa kita temukan dengan mudah di minimarket hingga warung.

Alat yang digunakanpun hanya panci dan wadah saja, lalu bisa disimpan di tempat yang tepat selama 24 jam agar menghasilkan produk Yogurt seutuhnya.
Yogurt adalah produk pangan yang mengandung probiotik dan kaya akan nutrisi seperti kalsium, kalium, fosfor, zinc, zat besi, lactic acid, vitamin A, B1, dan D.

Kandungan probiotik pada yogurt dipercaya bisa mencegah berbagai masalah pencernaan contohnya diare, sembelit, dan radang usus. Kandungan Kalsium, fosfor dan vitamin D pada yogurt baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Olahan susu ini baik untuk kesehatan kulit karena mengandung lactic acid atau asam laktat. Yogurt menjadi opsi menu diet yang baik, karena kandungan protein yang tinggi nafsu makan dapat dikontrol.

Beberapa kandungan senyawa pada yogurt bahkan dapat mencegah dan mematikan sel kanker.

Manfaat yogurt yang telah disebutkan dapat dikatakan selain makanan yang bergizi, yogurt termasuk pangan fungsional. Pangan fungsional adalah produk makanan bergizi dan mengandung beberapa zat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Menurut Subroto (2008) sekitar 2.500 tahun yang lalu Hippocrates pernah berkata ”Let your food be your medicine and let your medicine be your food”.

Melihat saat ini makanan tidak sehat seperti junk food, sayur dan buah yang mengandung pestisida bukan lagi menjadi hal yang tabu untuk dikonsumsi sehari-hari. Kesehatan manusia saat ini tidak terlalu dipedulikan, efeknya banyak penyakit berbahaya yang secara perlahan tumbuh dan menggerogoti fisik serta mental kita.(*)

 

 

Penulis : Muhammad Fanni dan Ananda Ayuk Sudarinto Mahasiswa UAD Jogya