Kesehatan Mental Pemimpin Indonesia Maju!

Jumat, 10 November 2023 - 22:15:33


/

Radarjambi.co.id-Penggelapan dana merupakan suatu tindakan yang tidak jujur  dengan cara menyembunyikan dana atau harta orang lain oleh satu orang atau lebih tanpa sepengetahuan pemilik barang dengan tujuan mengalih kepemilikan atau pencurian, menguasai atau digunakan untuk tujuan lain.  

Oleh karena itu, maraknya kasus penggelapan dana bantuan sosial di Indonesia membuat masyarakat kecewa. Tidak hanya bantuan salah sasaran, masyarakat juga dibuat kecewa dengan bantuan sosial yang bersifat fiktif atau hanya janji-janji semata. Hal ini menciptakan ketidakpercayaan terhadap pemerintah dan lembaga yang bertanggung jawab.     

Bantuan sosial tentunya sangat penting bagi masyarakat apalagi masyarakat yang kurang mampu karena dapat membantu mengurangi kemiskinan, meningkatkan akses ke layanan dasar seperti pendidikan dan kesehatan, serta memberikan perlindungan sosial kepada kelompok rentan.  

 Adapun masalah ini berkaitan erat dengan mental korupsi pemimpin yang lebih mementingkan kekayaan diri sendiri dibandingkan masyarakat. Dengan adanya hal tersebut, kesehatan mental pemimpin menjadi hal yang sangat penting dan harus diperhatikan. 

Kesehatan mental pemimpin sangat penting bagi kemajuan suatu negara. Pemimpin dengan kesehatan mental yang baik cenderung lebih mampu mengambil keputusan yang bijak, bekerja secara efektif, dan mengatasi tekanan dengan baik.

Dengan memiliki pemimpin yang sehat mental, mereka akan memimpin dengan lebih baik dan memberikan contoh positif bagi masyarakat, sehingga dapat berdampak positif pada pembangunan negara.

Mereka dapat menjalankan tugas mereka dengan penuh kesadaran dan komitmen terhadap keadilan, yang merupakan salah satu kunci dalam pencegahan korupsi. 

Apa hubungan kondisi mental pemimpin dengan korupsi?    

Kondisi kesehatan mental pemimpin memiliki relevansi yang kuat dalam pencegahan korupsi. Kepemimpinan yang sehat secara mental cenderung menciptakan lingkungan yang lebih transparan, etis, dan akuntabel dalam pengambilan keputusan.

Mereka akan mampu untuk menjalankan tugasnya dengan integritas, menghindari tindakan korupsi, dan mendorong kultur yang berlawanan dengan praktik korupsi.

Jadi pantas saja jika negara kita sulit maju, penyebab utamanya adalah pemerintah yang masi salah dalam menjalankan kekuasaannya dan lebih mengutamakan nafsunya. 

Kesehatan mental pemimpin dapat mempengaruhi keputusan dalam memilih dan mempromosikan pejabat atau anggota pemerintahan.

Pemimpin yang resilien, berani serta memiliki kepercayaan diri untuk mengambil Tindakan, mampu mengarahkan dan mempertahankan kelangsungan hidup oerganisasi dalam menanggapi kekuatan perubahan cenderung lebih objektif dan kritis dalam pemilihan pejabat pemerintahan dapat membantu mencegah orang-orang yang rentan terhadap korupsi menduduki posisi penting.

Sebaliknya, masalah kesehatan mental dapat merugikan stabilitas dan efektivitas pemerintahan. Dengan demikian, pemimpin yang memiliki kesehatan mental yang baik akan mampu mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama, serta mampu menghadapi tantangan dan ketidakpastian masa depan.

Oleh karena itu, pemimpin perlu merawat diri sendiri, memanajemen stress, perlu adanya kesadaran diri, dan melakukan konseling untuk tetap menjaga kesehatan mentalnya.

Hal ini akan berdampak positif dalam memajukan Indonesia menuju negara yang maju, modern, berdaya saing, serta berakhlakul karimah. 

Praktiknya, Indonesia membutuhkan pemimpin yang sehat secara mental. Hal ini berguna sebagai modal menjadi pemimpin yang bebas korupsi, pemimpin Indonesia harus memiliki pendidikan moral yang kuat.

Ada pula yang harus dilakukan yaitu, transparansi dalam pemerintahan, dan sistem pengawasan yang efektif dapat membantu memastikan mental pemimpin bangsa tetap sehat dan mengurangi risiko korupsi. 

Dengan ini diharapkan adanya kesadaran bagi para pemimpin, khususnya di Indonesia agar semakin menyadari bahwa pentingnya menjaga kesehatan mental demi kemajuan negara serta kesejahteraan bagi seluruh rakyat. 

Dengan adanya pemimpin yang sehat secara mental, diharapkan kebijakan yang di ambil dapat lebih bijaksana serta berdampak positif bagi masyarakat. 

Semoga pemimpin di Indonesia semakin menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental. Dengan pemimpin yang sehat secara mental, diharapkan kebijakan yang diambil dapat lebih bijaksana dan berdampak positif bagi masyarakat. (*)

 

 

Penulis : Shaffa Abidah Vianutami, Chiara Aulia Aristianti, Chelsea Aurora, Ratih Kusumaningtyas, Sarah Azzahra Syahidah, Grace Putri Nur Fitria  Mahasiswa Psikologi UAD