Pentingnya Belajar Bahasa Arab Dalam Islam

Jumat, 17 November 2023 - 23:44:53


/

Radarjambi.co.id-uahasa Arab adalah mata pelajaran yang sedikit diminati oleh pelajar Indonesia. Terutama pelajar yang tidak menempuh pendidikan di Pondok Pesantren.

Hampir di seluruh tingkatan sPendidikan tidak menyukai pelajaran Bahasa Arab. Keluhan yang menjadi alasan tidak suka dengan Bahasa Arab, salah satunya Bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit bagi mereka.

Berdasarkan dari penelitian social dan hasil wawancara penulis dengan beberapa pelajar di Indonesia. Perkiraan pertama adalah pembawaan kesan awal pelajaran Bahasa Arab kepada para pelajar.

Perkiraan kedua adalah sedikitnya dukungan lingkungan untuk mempelajari Bahasa Arab. Perkiraan terakhir adalah Bahasa Arab tidak memiliki kesan yang menarik dalam penerapannya.

Perkiraan pertama yaitu salahnya pembawaan kesan awal Bahasa Arab kepada para pelajar, Sedikit adanya guru Bahasa Arab yang terkesan menakutkan terhadap para pelajar.

Permasalahan ini mempunyai akibat yang fatal karena Bahasa Arab ini adalah Bahasa Al Quran, Bahasa yang sangat penting bagi umat Islam karena dengan memahami Bahasa arab mereka akan sangat mudah untuk memahami tentang agama islam sendiri.

Semakin berkembangnya teknologi pada zaman sekarang semakin mudah kita untuk mepelajari dan memahami Bahasa Arab dengan berbagai macam cara atau alat yang telah diciptakan oleh Ilmuwan .

Bahasa Arab memiliki beberapa keistimewaan diantaranya adalah :

Bahasa arab adalah Bahasa yang digunakan didalam Al Quran dan hadits. Bagaimana seorang muslim dapat memahami agama islam dengan pemahaman yang baik dan benar tanpa memahami kitab suci mereka. sedangkan kitab suci mereka menggunakan Bahasa Arab. Allah berfirman dalam Q.S Yusuf : 2 yang berarti “ sesungguhnya kami telah menurunkannya berupa Al Quran dengan Bahasa Arab, supaya kamu memahaminya “.

Bahasa Arab pernah menjadi Bahasa Internasional nomor 1 di dunia pada kejayaan Islam tepatnya pada masa pemerintahan Abbasiyah.

Bahasa arab memiliki banyak keunggulan dari Bahasa lainnya. Salah satunya adalah Bahasa arab memiliki kosa kata yang bersifat muradhif atau sinonim 

Yaitu dari setiap kata akan memiliki banyak sinonim lebih dari satu persamaan kosa kata, beberapa huruf tertentu dalam Bahasa Arab menunjukkan beberapa makan khusus atau tertentu, bisa membedakan makna atau arti karena adanya perbedaan harokat.

Faktor lainnya adalah Bahasa ini juga digunakan sebagai Bahasa Al Quran yang diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Nya melalui perantara malaikat Jibril. Hal ini dikarenakan Bahasa arab adalah Bahasa yang mudah dipahami, dan mudah untuk ditafsirkan.

Maka dari itu tidak perlu untuk diragukan Kembali, sudah seharusnya kita sebagai seorang muslim untuk mencintai Bahasa arab dan berusaha untuk menguasainya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata,

“ sesungguhnya Ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah ( al kitab ) dan Al Hikam ( as sunnah ) serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan Bahasa Arab.

Maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran islam kecuali dengan Bahasa arab. Maka dari itu Bahasa arab merupakan bagian dari agama.

Imam syafi’i rahimahullah berkata,
“ maka wajib setiap muslim untuk mempelajari Bahasa arab sesuai dengan keampuannya. Sehingga dia bersaksi bahwa sesungguhnya tidak ada sesembahan yang berhak di sembah selain Allah Ta’ala dan Muhammad adalah hamba dan utusan Nya dan dengan Nya dia bisa membaca Kitabullah.(*)

 

 

Penulis: Humairah Syafira Aulia