Masyarakat Olah Sampah Menjadi Berkah, Melalui Program Desa Energi Berdikari Kampung Wisata Eka Jaya

Selasa, 28 November 2023 - 13:01:21


/

RADARJAMBI.CO.ID - Jambi, 28 November 2023 - Sampah sudah menjadi konsekuensi yang didapatkan oleh adanya aktivitas manusia. Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan pola konsumsi masyarakat, maka akan semakin meningkat timbunan sampah. Menangani timbunan sampah tidaklah mudah, diperlukan inovasi pengolahan sampah yang tepat agar menghasilkan produk olahan yang tidak menghasilkan sampah kembali.

 

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui DPPU Sultan Thaha melaksanakan kegiatan pengolahan sampah menjadi maggot yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Pengolahan sampah ini menggunakan maggot lalat Black Soldier Fly (BSF) yang dimanfaatkan untuk mengkonversi materi organik sehingga memiliki potensi ekonomi. Bahkan maggot BSF mampu mendegradasi sampah organik lebih cepat dibanding serangga lainnya. 

 

Produk yang dihasilkan dari pengolahan sampah organik oleh maggot BSF memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tidak hanya maggot yang bermanfaat sebagai pakan ternak, namun bekas maggot (kasgot) dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari program Desa Energi Berdikari Kampung Wisata Eka Jaya.

 

Desa Energi Berdikari Kampung Wisata Eka Jaya telah di bina DPPU Sultan Thaha  sejak Tahun 2020 yang berawal dari semangat para warga di Kelurahan Eka Jaya yang berjumlah 30 orang yang ingin membangun Kelurahan Eka Jaya menjadi salah satu Kampung Wisata di Kota Jambi. Dengan ketekunan masyarakat Kelurahan Eka Jaya berhasil menjadi salah satu kampung wisata Kota Jambi yang telah ditetapkan oleh Walikota Jambi Tahun 2023. 

 

Ali Achmad, Kelompok Maggot 21 berterima kasih melalui kegiatan ini dapat mengubah sampah menjadi berkah dan tentunya bermanfaat untuk masyarakat sekitar sebagai pakan ternak dan pupuk. 

 

“Melalui program ini, harapan kami maggot yang telah kami hasilkan dapat dipasarkan ke luar sehingga dapat menambah pendapatan dan tentunya semakin banyak sampah organik yang akan terkelola dengan baik”, ungkapnya. 

 

Melalui kegiatan ini, sampah organik yang telah dikelola menjadi maggot adalah sebanyak 1.000 kg dengan menghasilkan 20 kg maggot setiap bulannya

 

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan menyampaikan Pertamina berkomitmen melakukan pembinaan kepada masyarakat melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan. 

 

"Melalui kegiatan ini, tentunya dapat mendukung program-program pemerintah dalam penanganan sampah. Sepanjang tahun 2023, kegiatan yang telah dilaksanakan dalam program Desa Energi Berdikari Kampung Wisata Eka Jaya meliputi pelatihan, pembinaan UMKM dalam mendukung produk-produk khas kampung wisata Eka Jaya, pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT). Kemudian kelompok di fasilitasi sarana dan prasarana pendukung Kampung Wisata,” Kata Nikho.

 

Sebagai wujud komitmen, pada Tahun 2023 Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel telah menyalurkan bantuan sebesar Rp180.000.000 untuk pengembangan Desa Energi Berdikari Kampung Wisata Eka Jaya. Program ini untuk mendorong potensi masyarakat di area operasi DPPU Sultan Thaha.

 

Mengacu pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), Pertamina Patra Niaga DPPU Sultan Thaha memiliki tanggung jawab besar untuk mendukung terlaksananya program ini yang mengacu pada capaian SDGs Nomor 1 Tanpa Kemiskinan (No Poverty), Nomor 8 Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work and Economic Growth), Nomor 12 Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab (Responsible Consumption and Production) dan Nomor 13 Penanganan Perubahan Iklim (Climate Action).(*)