Pentingnya Adaptasi Bagi Akuntan yang Berperan Dalam Menghadapi Era Society 5.0

Senin, 04 Desember 2023 - 15:24:31


Muhammad Ivan Fadhilah
Muhammad Ivan Fadhilah /

Radarjambi.co.id-Semenjak terserang pandemi covid-19 pada tahun 2019 yang merupakan sebuah virus yang menyerang hampir diseluruh dunia. Adanya wabah tersebut membuat segala aktivitas masyarakat diluar rumah menjadi terbatas bahkan diberhentikan.

Banyak sektor yang menerima dampak negatif dari wabah tersebut, tidak terkecuali profesi akuntansi.

Indonesia sudah memasuki Era Society 5.0 sehingga masyarakat mampu menghadapi dan menyelesaikan masalahnya menggunakan teknologi modern seperti, mesin, robot, internet yang mendukung dan menjamin kualitas hidup manusia.

Era Society 5.0 yang menjadikan manusia sebagai pusat inovasi yang memanfaatkan teknologi dengan memperdalam pengetahuan teknologi guna meningkatkan kualitas dan keberlanjutan hidup serta tangungjawab sosial     

Keterampilan dan pengetahuan seseorang yang berprofesi akuntansi seperti akuntan harus selalu mengikuti perkembangan kemajuan karena memiliki peran sangat penting dalam Era Society 5.0 seperti pengecekan, mengintreprestasikan data dan olah teknologi dalam perkembangan teknologi yang baru.

Pesatnya perkembangan teknologi dan munculnya robot yang mampu menggantikan peran manusia tak terkecuali peran akuntan yang dapat tergantikan dalam menjalankan tugasnya.

Maka dari itu, para akuntan diharapkan dapat lebih kompetitif dan optimal agar dapat bertahan dan beradaptasi terhadap perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini.

Peran Akuntan Menjelang Era Society 5.0

Seorang akuntan memiliki posisi yang sangat penting dalam mengelola serta menyajikan laporan perusahaan dengan hasil yang wajar sebagai faktor kesuksesan perusahaan, semacam penilaian kinerja karyawan, peningkatatan kualitan dan kuantitas produksi, serta target kepuaasan pelanggan akan produk dan layanan yang sudah diberikan.

Sebagai akuntan harus bisa mengontrol serta memantau kebijakan perusahaan terhadap persaingan global yang semakin maju, Disini akuntan tidak hanya bertugas menyediakan informasi akuntansi, melainkan sebagai sebagai penyumbang informasi guna pengambilan keputusan.

Akuntan juga memiliki tugas sebagai penganalisis akan dampak kebijakan manajemen perusahaan ketika auditor melaksanakan audit keuangan yang merupakan bentuk tangungjawab perusahaan kepada para klien dan investornya.

Akuntan dimasa yang akan datang wajib mengikuti perkembangan teknologi yang ada, harus memiliki kemampuan serta pengetahuan, dan kualitas diri yang cukup baik, sehingga mampu beradaptasi dengan inovasi teknologi dizona baru.

Seorang akuntan harus mampu beradaptasi di Era Society 5.0 saat ini, agar peran akuntan dalam menghadapi tantangan di Era Society 5.0 lebih kuat dan efektif.

Upaya Peran Akuntan Menghadapi Era Society 5.0

Dalam menjalankan bisnis tidak akan lepas dengan teknologi informasi, seeperti saat ini dalam berbisnis harus megikuti kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat.

Perkembangan teknologi tersebut mengharuskan akuntansi berkembaang didalam era digital, yang berdampak dapat meningkatkan resiko yang ada namun juga dapat membuka peluang baru.

Memasuki era digital akuntan diharuskan untuk  mengikuti perkembangan yang ada dengan menyesuaikan diri dengan adanya kemajuaan teknologi yang semakin modern dan canggih, terutama pada sistem keamanan informasi yang harus dikembangkan agar aset serta data klien terjamin keamanannya.

Adanya perkembangan akuntansi diera digital yang dapat memudahkan para akuntan dalam menjalankan tugasnya baik menyusun laporan keuangan atau mengakses data yang diperlukan.

Pada saat Era Society 5.0 ini peran akuntan sangat diperlukan. Oleh sebab itu, akntan dituntut untuk melatih softsill dibidang akuntansi. Karena di Era Society 5.0 peran akuntan sangat rawan dan dapat digantikan oleh teknologi modern atau mesin. Peran akuntan dalam Era Society 5.0 antara lain yaitu:

  1. Dapat menyatu dengan teknologi dan berkembang ke zona yang baru,
  2. Sebagai pengatur kontrol aplikasi dan pemakai sistem digital yang dijalankan.

Maka dari itu, semenjak adanya pandemi Covid-19 yang dapat mengubah pola kehidupan masyarakat, serta memunculkan era new normal yang merupakan dasar dari munculnya Era Society 5.0 yang membuat teknologi sebagai kebutuhan pokok masyarakat termasuk akuntan.

Seorang akuntan mempunyai peran yang sangat penting dalam menghadapi Era Society 5.0 dalam menghadapi perkembangan dan kemajuan teknologi yang melaju sangat pesat.

Sehingga menuntut akuntan untuk mengasah softskill dibidang mereka agar dapat beradaptasi di Era Society 5.0, hal tersebut dilakukan agar peran seorang akuntan tidak tergantikan oleh mesin atau alat teknologi canggih yang muncul akibat Era Society 5.0.(*)

 

 

Penulis Muhammad Ivan Fadhilah Mahasiswa Universitas Tidar Prodi S1 Akuntansi

 

Editor : Ansori Pimred Radarjambi.co.id