Pentingnya Digital Marketing

Jumat, 19 Januari 2024 - 14:49:00


/

Radarjambi.co.id-Saat ini, teknologi digital berkembang sangat pesat, sehingga memungkinkan masyarakat menyelesaikan berbagai aktivitas dari rumah atau kantor. Hal ini sangat mudah dilakukan di era digitalisasi yang berkembang pesat.

Setiap orang bisa melakukan banyak hal seperti bersosialisasi, menyapa teman dari jarak jauh, membaca buku, mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, bahkan berbelanja online dengan teknologi digital dan kemudahan akses internet.

Perkembangan teknologi telah mengubah cara interaksi dalam komunikasi pemasaran dari tatap muka hingga tatap layar.

Hal inilah yang menyebabkan peningkatan pengguna internet dan media sosial di Indonesia yang berdampak pada meningkatnya minat berbelanja online. Digital marketing menjadi salah satu dampak postitif dari perkembangan teknologi dan kemudahan akses internet.

Digital marketing merupakan strategi pemasaran online yang dilakukan melalui teknologi digital seperti website, media sosial, email, dan lain sebagainya dengan tujuan untuk mempromosikan merek dagang dan meningkatkan penjualan.

Digital marketing memanfaatkan perkembangan teknologi terkini yang sedang hyped atau trending sehingga mampu meningkatkan penjualan bisnis. Untuk itu, pemasaran dengan cara ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi sebuah bisnis, terutama bagi bisnis yang baru dimulai.

Zaman modern yang semakin canggih ini, sangat penting untuk mengadopsi dan memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mengembangkan bisnis. Jika suatu bisnis tidak menerapkan digital marketing maka, bisnis tersebut akan tertinggal dibandingkan kompetitor. Keberhasilan digital marketing dapat membantu menarik perhatian pelanggan dan mencegah mereka beralih ke pesaing.

Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus mampu bersaing di pasar nasional agar tidak tertindas. Terlebih lagi di era yang kompetitif ini, para pelaku UMKM harus melek teknologi informasi.

Sehingga dapat memudahkan dalam memasarkan produknya. Pelaku UMKM membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk mampu tumbuh dan bersaing di era digital saat ini.

Hal tersebutlah yang melatarbelakangi tim Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Ahmad Dahlan Iis Suwartini bersama mahasiswa KKN melakukan pelatihan digital marketing pada kelompok UMKM di Suryodiningratan.

Hal tersebut dilakukan untuk membranding produk unggulan seperti tanaman sayur, tanaman buah, dan tanaman hias. Selain itu juga untuk membranding produk olahan seperti sirup bunga telang, kripik bunga telang, kripik jamur, dan jamu tradisional agar lebih dikenal masyarakat luas.

Program pengabdian yang dilaksanakan sebagai upaya mendukung program UMKM naik kelas.Dengan meluasnya jangkauan pemasaran maka diharapkan dapat meningkatkan omset penjualan.

Berkembangnya produksi UMKM di Suryodiningratan kedepannya dapat menjadi alternatif oleh-oleh khas Yogyakarta. (*)

 

 

Penulis  : Anis Surya Trisanti, M.Pd.