Bangun Kerja Sama, Pj Wali Kota Jambi Lepas Pembelian Perdana Cabai dari Sleman

Sabtu, 09 Maret 2024 - 04:59:05


/
 
RADARJAMBI.CO.ID - Sleman, Pemerintah Kota Jambi merealisasikan pembelian komoditas cabai yang berasal dari Kabupaten Sleman. Pembelian perdana cabai tersebut secara resmi dilepas langsung pengirimannya oleh Penjabat Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, bertempat di Pasar Lelang Cabai Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat (8/3/2024).
 
Pembelian dan pengiriman perdana "Cabai Siaga Inflasi Kota Jambi" seberat 4,5 ton tersebut merupakan implementasi dan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama (PKS) Pemerintah Kota Jambi dengan Pemerintah Kabupaten Sleman yang telah ditandatangani sehari sebelumnya oleh kedua belah pihak.
 
Sebelumnya, Kota Jambi melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan dua daerah yaitu Kabupaten Purworejo Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta. Dengan dua daerah tersebut, Pemkot Jambi bersepakat untuk melaksanakan Kerjasama Antar Daerah (KAD) dalam rangka upaya pengendalian inflasi, dengan ruang lingkup meliputi kerjasama antar pemerintah (government to government), maupun antar dunia usaha (business to business). 
 
Adapun untuk pembelian cabai perdana dilakukan oleh Koperasi Pegawai Negeri Kota Jambi (KPN-KPKJ), untuk selanjutnya didistribusikan kepada agen dan penjual di Kota Jambi.
 
Proses pengiriman perdana tersebut ditandai dengan pemecahan kendi dimuka mobil truk pembawa cabai tersebut ke Kota Jambi. 
 
"Alhamdulillah hari ini saya bersama Pak Sekda serta seluruh jajaran TPID Kota Jambi menindaklanjuti Memorandum of Understanding antara Kota Jambi dengan Kabupaten Sleman. Kemarin sudah dilakukan penadatanganan perjanjian kerja sama untuk memanfaatkan produksi komoditas dari Kabupaten Sleman ini yaitu berupa cabai," jelas Sri Purwaningsih, Penjabat Wali Kota Jambi seusai selebrasi pelepasan.
 
Menurutnya, setelah sebelumnya melakukan penandatangan perjanjian kerjasama, pihaknya langsung mengeksekusi perjanjian tersebut dengan pembelian cabai.
 
"Seusai penandatangan, kami langsung eksekusi dengan membeli cabai dari koperasi di Sleman ini, dengan harga yang lumayan jauh kalau dibandingkan di wilayah Jambi.
Jadi hari ini kita bawa 4,5 ton dari Kabupaten Sleman cabai merah besar untuk kemudian nanti distribusinya di Kota Jambi," sebut Sri.
 
Leboh lanjut, Sri sampaikan bahwa pembelian ini juga didukung penuh oleh Bank Indonesia yang membantu pembiayaan distribusi dan pengangkutan cabai dari Sleman hingga ke Kota Jambi.
 
"Mulai dari bongkar muat dan pengangkutannya nanti akan dibiayai dari Bank Indonesia Perwakilan Jambi dan sampai di Kota Jambi, supaya harga tidak naik, maka kepada distributor maupun agen serta pengecer tentu harus kami beri subsidi dengan BTT kami supaya di Kota Jambi harga tetap sama dengan harga di Sleman ini," ungkap dirinya.
 
Birokrat Kemendagri ini juga berharap langkah kongkrit yang dilakukan oleh Pemkot Jambi tersebut akan berdampak positif pada upaya pengendalian inflasi, terutama menjaga ketersediaan pasokan dan pengendalian harga komoditas yang cukup bergejolak di Kota Jambi, sepeti cabai merah.
 
"Jadi sekali lagi Alhamdulillah, inilah upaya Kota Jambi dalam rangka mengendalikan inflasi dengan menyediakan bahan-bahan pokok supaya terjangkau dan tersedia stoknya. Maka kami melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah lainnya. Nanti mungkin akan kami kembali lagi dengan daerah-daerah yang lain seperti bawang merah dengan Brebes dan juga di Purworejo juga terkait dengan beras. Jadi kemungkinan kita akan terus melakukan banyak kerja sama dengan pemerintah daerah penghasil, gunanya adalah untuk menjaga ketersediaan pangan di Kota Jambi agar selalu tersedia, harganya selalu terjangkau dan tentu saja inflasi bisa kita kendalikan bersama-sama," pungkasnya
 
Turut mendampingi Sri dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kota Jambi A. Ridwan, Asisten II Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Amirullah, Kadisperindag Amran, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Evridal Asri, Inspektur Kota Jambi Desyanti, Kadishub M. Saleh Ridha, Kadis Koperasi Tenaga Kerja dan UMKM Komari, Kabag Hukum M. Gempa Awaljon Putra, Kabag Kerjasama Mohd. Andri Alvarabi, Kabag Keuangan Aling, Kabag Perekonomian SDA Hendra Saputra, serta Ketua KPN KPKJ Kota Jambi.(*)