Bonus Pepaprov Belum Dibayarkan, Atlet Disabilitas NPCI Tebo Ancam Gelar Demo

Rabu, 03 April 2024 - 09:27:45


Heri muriyanto
Heri muriyanto /

Radarjambi.co.id-TEBO-Belum dibayarnya bonus atlet Disabilitas yang tergabung dalam Nasional Paralimpic Comite Indonesia (NPCI) Kabupaten Tebo yang bertarung dalam Pekan Olahraga Paralimpik Provinsi (Pepaprov) tahun 2023 lalu membuat para altet NPCI Kabupaten Tebo ancam akan lakukan aksi demo ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo.

Ketua NPCI Kabupaten Tebo, Heri Muriyanto menyebutkan bahwa demo yang akan dilakukan oleh seluruh atlet Disabilitas dan official NPCI menuntut agar bonus segera dibayarkan adalah langkah terakhir yang diambil NPCI Kabupaten Tebo.

"Kami atlet Disabilitas kabupaten Tebo sepakat akan menggelar aksi demo ke Pemkab Tebo dengan tuntutan bonus atlet yang bertanding di Pepaprov 2023 segera dibayarkan,"tegas Heri Muriyanto ketika dikonfirmasi Selasa (2/4) kemarin.

Dijelaskannya aksi demo yang digelar adalah wujud kekecewaan atlet Disabilitas kabupaten Tebo terhadap Pemkab Tebo yang tidak memperhatikan dan menggubris mereka dengan alasan bonus belum dianggarkan dan baru akan dibayarkan di ABPD-P tahun 2024.

"Kami sudah mengirimkan surat audiensi dijamin Penjabat (PJ) Bupati Tebo Aspan kemarin untuk mempertanyakan persoalan bonus ini, tapi disposisi suratnya hanya sebatas di agendakan saja, sampai berakhir jabatannya kami tidak pernah mendapatkan jadwal untuk audiensi dengan beliau,"lanjutnya lagi.

Heri Muriyanto mengatakan bahwa perhatian Pemkab Tebo terhadap kaum Disabilitas hanya sebatas formalitas seremonial semata dihari peringatan Disabilitas Nasional.

"Diluar itu kami merasa diabaikan, bahkan saat meminta PJ Bupati melepas keberangkatan kami untuk bertanding ke Pepaprov kemarin hanya diwakili oleh Asisten, beliau mungkin lupa bahwa yang berangkat bertanding ini adalah putra putri Kabupaten Tebo yang berlatih dengan segala keterbatasannya, mulai minimnya anggaran pembinaan sampai kepada anggaran keberangkatan ke Pepaprov itu sendiri,"keluhnya lagi.

Dikatakannya lagi bahwa sebelumnya nilai bonus atlet berprestasi di Pepaprov selalu dibayarkan oleh Pemkab Tebo dengan jumlah besarannya sama dengan atlet berprestasi di Porprov.

"Biasanya nilainya sama dengan bonus atlet Porprov, baik itu untuk perolehan emas, perak, maupun perunggu,"lanjutnya lagi

Perlu diketahui atlet NPCI Kabupaten Tebo dalam Pepaprov VIII Jambi yang diselenggarakan 19 sampai 23 November di kota Jambi, berhasil menyabet 11 medali emas dari seluruh Cabor yang diikuti.

Sayangnya dengan prestasi yang gemilang tersebut, atlet NPCI terpaksa harus menelan kekecewaan karena bonus yang dijanjikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo baru akan dibayarkan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2024 besok.(yan/akd)