Kadis PUPR Muaro Jambi Perintahkan Rekanan Perbaiki Atap MPP yang Ambruk

Jumat, 31 Mei 2024 - 21:02:51


Yultasmi
Yultasmi /

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Kanopi depan gedung Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Muaro Jambi ambruk diduga tak kuat menahan beban akibat hujan deras yang melanda ibukota Kabupaten Muaro Jambi pada Jumat (31/5) sore.

Insiden ini menyebabkan seluruh atap bagian depan dan plafon kanopi jatuh berantakan di lantai dan tanah.Kepala Dinas PTSP Kabupaten Muaro Jambi, Zuharman, membenarkan kejadian tersebut.

Ia menyatakan bahwa meskipun bangunan baru saja diresmikan, tanggung jawab atas insiden ini masih berada di tangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), karena bangunan tersebut masih dalam masa pemeliharaan.

"Itu masih tanggung jawab Dinas PUPR karena mereka yang bangun. Bangunan itu masih ada masa pemeliharaan," ujar Zuharman.

Ia juga meminta Dinas PUPR untuk segera berkoordinasi dengan pihak ketiga yang membangun kanopi tersebut."Saya minta ke dinas PU untuk disampaikan ke pihak ketiga agar membersihkan material yang roboh tersebut, agar Senin pelayanan MPP tetap bisa berjalan dengan semestinya," tambahnya.

Kepala Dinas PUPR Muaro Jambi, Yultasmi, saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa insiden ambruknya kanopi ini menunjukkan adanya kekurangan teknis dalam konstruksi.

"Kita akan perintahkan pihak rekanan agar melakukan perbaikan kembali," jelas Yultasmi. Ia menekankan bahwa karena bangunan masih dalam masa pemeliharaan, pihak rekanan diwajibkan segera memperbaikinya.

Mengenai kualitas pekerjaan, Yultasmi menuturkan bahwa masalah utama terletak pada pemasangan kanopi yang kurang baik, khususnya baut yang digunakan terlalu pendek."Secara teknis, pemasangan kanopi tersebut, bautnya yang kurang panjang," pungkas Yultasmi.

Dengan kejadian ini, diharapkan pihak terkait dapat segera mengambil tindakan perbaikan agar pelayanan di gedung MPP tidak terganggu.(akd)