DLH Sarolangun Inisiasi Apel Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024

Rabu, 05 Juni 2024 - 20:16:24


Kurniawan ST bertindak sebagai inspektur
Kurniawan ST bertindak sebagai inspektur /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sarolangun, Kurniawan ST bersama Sekdin Heri Kustian SE dan Kabid Penaatan dan Peningkatan Lingkungan Hidup M Amin Faisal berinisiasi melaksanakan kegiatan apel khusus, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024.

Kegiatan apel Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 bertempat di Camping Ground DLH Sarolangun,Rabu (05/06/2024), pagi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sarolangun, Kurniawan ST bertindak sebagai inspektur, kegiatan tersebut berlangsung khidmat yang diikuti para ASN eselon III, ASN eselon IV, seluruh staf ASN DLH, PPPK, Tenaga Kontrak Daerah (TKD) dan para petugas kebersihan yang bekerja di lingkup DLH Sarolangun serta para undangan lainnya.

Pada kesempatan apel tersebut, Kurniawan ST menyampaikan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan R.I. Dalam sambutannya memaparkan, bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia merupakan keputusan Majelis Umum PBB pada tahun 1972 saat Konferensi Stockholm. Hingga kini dalam peringatannya secara mendunia, pusat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimandatkan kepada satu Negara yang ditunjuk.

"Untuk tahun 2024 ini Kerajaan Arab Saudi menjadi tuan rumah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 dengan tema “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience (Restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan)” dengan slogan “Our Land, Our Future, Generation Restoration.”jelas Kurniawan.

Menurutnya, sebagaimana tema dari UNEP, untuk Hari Lingkungan Hidup tahun 2024 difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan. Presidensi G20 telah menghasilkan adopsi Global Land Restoration Initiative yang sangat penting mengingat bahwa dunia menghadapi triple planetary crisis yang semakin intens yakni : krisis perubahan iklim, krisis kerusakan alam dan kehilangan biodiversitas, serta krisis polusi dan limbah.

"Pemulihan lingkungan merupakan kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, dan dapat sekaligus meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca meningkatkan ekstrem. Pemulihan karbon juga dan memperlambat proses ataupun dampak akibat perubahan iklim,"terangnya.

Disela kegietan apel hari lingkungan hidup sedunia, DLH Sarolangun memberikan penghargaan kepada sekolah Adiwiyata dan kalpataru. Tujuannya, agar bisa menjadi contoh bagi sekolah lain untuk sebisanya berkontribusi dalam menjaga kebersihan bersama di dalam sekolah dan lingkungan sekitar lainnya.

"Pemberian piagam penghargaan juga di peruntukan kepada aktivis lingkungan, pemerhati lingkungan, pengabdi lingkungan, perintis lingkungan dan penyelamat lingkungan . Pemberian ini agar bisa menularkan kepada masyarakat yang lain agar turut berkontribusi dalam lingkungan hidup,"sebutnya. .

Terpisah, Sekdin Dinas Lingkungan Hidup Sarolangun, Heri Kustian ketika dimintai keterangan mengatakan. jika untuk pelaksanaan acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 akan dilaksanakan pada Tanggal 12 Juni 2024, bertempat di Desa Monti Kecamatan Limun.

"Diacara puncak hari Lingkungan Hidup sedunia 2024, Dinas Lingkungan Hidup Sarolangun bersamaan akan mencanangkan desa anti PETI dan tangguh PETI,"tandasnya.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S