PJ Bupati Tebo Akui Hingga Triwulan II Realisasi Anggaran Masih Rendah

Jumat, 07 Juni 2024 - 12:23:29


Varial adi
Varial adi /

Radarjambi.co.id-TEBO-Penjabat (PJ) Bupati Tebo, Varial Adhi Putra mengakui hingga akhir triwulan II sekarang ini, realisasi anggaran dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tebo masih sangat rendah dan baru mencapai 25 persen.

Hal tersebut disampaikannya kepada awak media usai menghadiri rapat paripurna DPRD Tebo, Rabu (5/6) di kantor DPRD Tebo.

"Iya realisasinya baru 25 persen, target 35 sampai 40 persen tutup triwulan II ini,"ujar PJ Bupati kepada awak media.

Dijelaskannya salah satu yang menjadi penyebab lambatnya serapan anggaran dikarenakan lambatnya transfer dari pemerintah pusat.

"Setelah rapat evaluasi diketahui memang ada anggaran yang belum tersalurkan dari pusat ke daerah, Sehingga kita ada hold nya, ada menunggu anggaran untuk diselesaikan," jelas PJ Bupati lebih lanjut sembari menjelaskan salah satu langkah yang sudah diambil untuk meningkatkan realisasi anggaran dirinya telah menekankan beberapa dinas dengan anggaran besar untuk segera melaksanakan kegiatan.

"Langkah lainnya saya juga sudah perintahkan dinas-dinas yang melaksanakan kegiatan dengan pihak ketiga untuk segera mengambil uang muka.Karena banyak juga pihak ketiga ini, kalau sudah tanda tangan kontrak dia enggak ambil uang muka. Sehingga serapan kita itu rendah gitu loh padahal mereka sudah kerja,"beber PJ Bupati Tebo lagi.

PJ Bupati juga optimis menjelang evaluasi di Kemendagri, target serapan anggaran dengan waktu kurang dari satu bulan sebesar 10 hingga 15 persen. Menurut Varial dengan mengejar target tersebut, realisasi anggaran sudah ideal.

Diketahui Varial Adhi Putra mengemban tugas sebagai Pj Bupati Tebo sejak 1 April 2024 lalu. Dalam waktu dekat, Varial akan menjalani evaluasi per tiga bulan di kemendagri.

"kita penilaian nanti baru di Juli nanti ya," tutup PJ Bupati mengakhiri.(yan/akd)