Plh Kadis P3A Sarolangun H Juddin Perkuat Sinkronisasi Pelaksanaan PUG

Rabu, 12 Juni 2024 - 14:22:11


Plh Kepala DP3A, H Juddin
Plh Kepala DP3A, H Juddin /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN- Plh Kepala Dinas (Kadis)  Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sarolangun, H Juddin, S. Ag antusias memperkuat sinkronisasi pelaksanaan Pengarustamaan Gender (PUG) di Kabupaten Sarolangun.

Pada Selasa (12/06) sekitar pukul 10.00 WIB di ruang aula Bappeda Sarolangun, H Juddin, S.Ag membuka acara rapat koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan  (PUG), dan advokasi kebijakan dan pendampingan termasuk PPRG.

Jalannya pembukaan acara  tersebut berlangsung khidmat. DP3A Sarolangun menghadirkan narasumber dari DP3A Provinsi Jambi, yakni Yeni Erawati. Kegiatan ini diikuti perwakilan OPD dijajaran Pemkab Sarolangun, Kecamatan dan kelurahan. 

Paparan H Juddin yang kini juga tengah menjabat sebagai Staf Ahli Bupati Sarolangun, menjelaskan  bahwa PUG merupakan strategi untuk mengintegrasikan perspektif gender kedalam pembangunan, mulai dari penyusunan kebijakan, perencanaan, penganggaran, pelaksanaan serta pemantauan dan evaluasi. 

Menurutnya, PUG bertujuan untuk mewujudkan kesetaraan gender sehingga mampu menciptakan pembangunan yang lebih adil dan merata bagi seluruh penduduk Indonesia. 

"Kesetaraan gender dapat dicapai dengan mengurangi kesenjangan antara laki-laki dan perempuan dalam mengakses dan mengontrol sumber daya, berpatisipasi di seluruh proses pembangunan dan pengambilan keputusan serta memperoleh manfaat dari pembangunan,"terangnya.

Plh Kepala DP3A Sarolangun berharap, semoga dengan diadakannya kegiatan ini peserta mampu memahami dan berpatisipasi dalam menciptakan pembangunan yang lebih adil dan merata.

"Mari sama-sama mendukung terwujudnya anggaran responsif gender dan memastikan adanya keberlanjutan pelestarian dan pengembangan kualitas penyelenggaraan PUG di OPD masing-masing,"tandasnya.

 

PENULIS: CHARLES RANGKUTI

EDITOR: ANSORY S