KKN UAD Bersama Barokah Community Melaksanakan Bakti Sosial

Kamis, 27 Juni 2024 - 15:15:11


/

Radarjambi.co.id-KKN Alternatif 91 Unit III.A.2 Universitas Ahmmad Dahlan (UAD) bersama remaja Masjid Al-Baroqah Warrohmah (Barokah Community), Wirobrajan mengadakan Bakti Sosial di Masjid Asy-Syura Bibis, RT 04/RW 07, Krambilsawiit Saptosari, Gunungkidul.

Dari rilis yang diterima Radarjambi.co.id kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (20/06/2024). Bakti Sosial ini mengusung tema "Memperkuat Ukhuwah Fillah Fill Jannah".

Dalam sambutannya Ahmad Hidayat selaku ketua takmir Masjid Al-Baroqah Warrohmmah mengatakan bahwa kegiatan bakti sosial ini bertujuan untuk menjalin tali persaudaraan serta membantu masyarakat yang kurang mampu

"Selain itu juga melatih jamaah masjid Al Baroqah Warrohmah khususnya remaja masjid untuk peduli terhadap lingkungan masyarakat," sebutnya.

Kegiatan ini diikuti 200 jamaah masjid Asy-Syura, 30 remaja masjid Al Barokah Warrohmah, serta 9 Mahasiswa KKN Alternatif 91 Unit III.A.2.

Bakti sosial ini dilakukan dengan melakukan pengajian, penyembelihan 3 ekor kambing, pemberian 120 paket sembako, kegiatan outbound untuk santri TPA, serta berjualan pakaian bekas layak pakai.

Dalam pengajian yang diisi oleh Ustadz Anton Ismunanto beliau menyapaikan terkait pentingnya menjaga persaudaraan dan pentingnya peduli terhadap sesama,

"Manusia diciptakan dengan keadaan yang berbeda supaya saling mengenal, tidak untuk saling menjatuhkan apalagi sesama saudara muslim tidak seharusnya membenci," Kata Ustadz Anton Ismunanto

Kegiatan berbagi ini merupakan rangkaian kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia.

"Pada kesempatan kali ini, marilah kita perbanyak berbagi.Karena sesungguhnya setiap kita adalah ibrahim yang mempunyai ismail kita masing-masing. Bisa berupa harta, jabatan, dan segala hal yang kita cintai, sayangi, dan pertahankan. Allah bukan menyuruh ibrahim membunuh ismail, tapi Allah menyuruh kita membunuh rasa memiliki ibrahim akan ismail. Sehingga, kita bisa dengan berlapang dada untuk mengikhlaskan segala hal yang memang pada dasarnya adalah titipan dari Allah dan akan kembali kepada Allah” Ujar Ustadz Anton

Selain itu dalam penjualan pakaian layak pakai terkumpul sebanyak 1,7 juta. Hasil penjualan ini diserahkan kepada Masjid Asy-Syura sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini berjalan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari antusias jamaah saat mengikuti pengajian dan berburu pakaian layak pakai. Selain itu Santri TPA Masjid Asy-Syura juga bersemangat dalam mengikuti outboud.(*)