Antusias dan Semarak Kreativitas Sambut Generasi Baru yang Cerdas

Sabtu, 20 Juli 2024 - 14:58:22


/

Radarjambi.co.id-Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) & Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa (FORTASI) SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun 2024/2025 merupakan salah satu kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa baru sebelum mengikuti kegiatan pembelajaran.

Kegiatan ini mengusung tema “Kolaborasi Sejuta Kreasi” yang berarti sebuah gerakan atau semangat untuk bersama-sama menghasilkan karya kreatif yang luar biasa dan bersinergi.

Tujuan kegiatan ini yaitu untuk membantu siswa baru beradaptasi dan mengenali lingkungan dan budaya sekolah, menumbuhkan motivasi, semangat, mengembangkan interaksi positif antarsiswa, serta merangsang kepekaan sosial dan daya kreatif siswa Muhammadiyah.

Masa MPLS & FORTASI siswa baru SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta dilaksanakan selama 5 hari yaitu 15 Juli-19 Juli 2024 yang bertempat di Gedung Milenial, Ruang Kelas, Masjid, dan Lapangan Sekolah. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan yang dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Bapak Kustejo, S.Pd.I, M.Pd. dan diikuti oleh segenap Bapak/Ibu Guru, Karyawan, IPM, Tonti, dan seluruh siswa baru SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.

Sejumlah 378 siswa baru tersebut, dibekali materi untuk mengenal Budaya Sekolah, Kurikulum, Ke-IPM-an, Tadarus, PBB, Kesiswaan, Ismuba, Pengenalan Jurusan, dan Pernak-Pernik Keakraban.

Panitia pelaksanaan juga turut menghadirkan para pemateri dari luar untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan berkelanjutan bagi siswa baru.

Bapak Muhammad Al Rifqi, S.Pd. selaku ketua pelaksanaan kegiatan mengatakan “Siswa juga diberikan materi yang bermanfaat yaitu Pencegahan Kenalakan Remaja dari Polresta, Hisbul Wathon dari Ketua HW Yogyakarta, Pencegahan Penggunaan Narkoba dari BNNP, Wawasan Kebangsaan dari Bakesbang, dan Tapak Suci dari Tapak Suci KG. Dinas juga sudah menyampaikan bahwa kegiatan MPLS harus dibuat semenarik mungkin dan tidak boleh ada hukuman”.

Siswa baru begitu antusias, senang, dan bersemangat karena selama proses MPLS & FORTASI selalu ada Ice Breaking/games dan hiburan dari MUGA Band. Siswa bersama-sama ikut aktif bernyanyi dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh MUGA Band sehingga membuatnya tidak mudah bosan.

Acara semakin meriah pada hari terakhir saat lomba estafet air, lomba balap karung, lomba tarik tambang, pentas seni budaya, serta kreasi yel-yel yang ditampilkan dari masing-masing kelas jurusan.

Siswa yang memenangkan juara juga mendapatkan hadiah menarik yaitu berupa 1 unit Motor Listrik, 3 Sepeda Gunung, dan 10 Hand Phone Android.

“Kegiatan MPLS & FORTASI sangat seru dan tidak membosankan karena selama kegiatan kami dibimbing oleh panitia yang baik dan asyik, banyak permainan dan hiburannya, lombanya seru hadiahnyapun menarik, materi yang diberikan sangat bermanfaat, kami menjadi saling mengenal dan akrab dengan teman-teman baru terutama teman satu kelas, menjadi mengenal lingkungan dan budaya sekolah, serta terhibur dengan adanya pentas seni kreasi menyanyi dan menari”. Ungkap Baraka Adzani Bio siswa baru Kelas X TKR 2.

Dalam proses kegiatan MPLS tersebut, Mahasiswa PPG Prajabatan dari Universitas Ahmad Dahlan juga turut serta membantu untuk membimbing siswa baru Tadarus di Ruang Kelas dan kegiatan saat lomba-lomba di Lapangan Sekolah.

“Sebagai Mahasiswa PPG, tentu senang karena dilibatkan untuk berkontribusi membantu kegiatan MPLS & FORTASI. Siswa baru juga terlihat sangat tertib, semangat, dan antusias. Semoga pengalaman dan ilmu yang didapatkan siswa baru selama MPLS dapat dijadikan bekal untuk kedepannya.” Ungkap Safriana Salsabila, S.Pd. Mahasiswa PPG Prajabatan UAD.(*)

 

 

 

Penulis: Fuput Cinar Refilya, S.Pd. (Mahasiswa PPG Prajabatan Gel. 2 Tahun 2023 Universitas Ahmad Dahlan)