Intervensi Pengendalian Kerawanan Pangan, BAPPANAS Sasar Kota Jambi

Selasa, 23 Juli 2024 - 05:43:58


/
RADARJAMBI.CO.ID - JAMBI, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih hadiri Launching Penyaluran Secara Simbolis Penyerahan Bantuan Pangan Nasional (Bappanas) dalam rangka Intervensi Pengendalian Kerawanan Pangan Tahun 2024, bertempat di Aula Kantor Kelurahan Cempaka Putih, kota Jambi, Senin (22/07/24). 
Dari 38 Provinsi di seluruh Indonesia, Provinsi Jambi termasuk dalam 8 Provinsi yang menerima bantuan pangan dalam program Bantuan Pangan Nasional, dan untuk di Provinsi Jambi hanya kota Jambi dan Kabupaten Tebo yang mendapat bantuan dalam program tersebut.
Hal itu disampaikan Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih sesaat mendampingi Deputi Kerawanan Pangan Bappanas Nyoto Suwignyo bersama Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani yang memberikan bantuan Bappanas kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Cempaka Putih tersebut.
Sri menyampaikan, bahwa kegiatan intervensi pengendalian kerawanan pangan dengan sumber dana APBN melalui Bapanas dengan penyaluran di kota Jambi itu menyasar ke 2.069 Kepala Keluarga, yang tersebar di 4 Kecamatan dan 5 Kelurahan.
"Dan pembagiannya ditujukan kepada para keluarga yang tergolong dalam miskin ekstrim," kata Sri. 
Sri berharap, dengan adanya bantuan Bappanas ini bisa menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Jambi khususnya dalam lebih mensejahterakan masyarakatnya. 
"Kami berharap melalui program ini dapat segera mengentaskan kemiskinan di kota Jambi, selain itu, adanya bantuan Pemerintah pusat melalui Bappanas ini tentu juga akan menjadi pemicu bagi kami bersama perangkat daerah terkait untuk segera mewujudkan kesejahteraan di kota Jambi," ungkap Sri. 
Lebih lanjut, Sri menyebut, Pemkot Jambi sendiri dalam mensejahterakan masyarakatnya juga telah memunculkan program-program strategisan, diantaranya untuk bidang kesehatan ada Jambi Bugar, dan bidang pendidikan ada Jambi Cerdas. "Itu semua ditujukan kepada masyarakat kita yang kurang mampu di kota Jambi," pungkas Sri. 
Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani mengatakan, penyerahan ini dilaksanakan secara serentak di wilayah-wilayah yang menerima bantuan di Provinsi Jambi. 
"Ditargetkan selesai dalam waktu 3 hari untuk Kota Jambi dan Kabupaten Tebo," katanya. 
Wagub Abdullah Sani berharap, dengan adanya bantuan dari Bappanas ini dapat membantu meringankan beban keluarga dalam mencukupi kehidupan sehari-harinya. 
Dikesempatan yang sama, Deputi Kerawanan Pangan Bappanas, Nyoto Suwignyo berharap dengan adanya Bappanas ini bisa menjadi momentum bantuan-bantuan pangan lain untuk diberikan. 
“Kita berharap dengan stimulus ini bisa diikuti oleh kegiatan-kegiatan yang lain untuk intervensi secara spesifik kepada saudara-saudara kita atau daerah rawan rentan pangan,” kata Suwignyo.
Dirinya menyebut, sebanyak 45.000 paket bantuan pangan hingga 31 Juli 2024 akan disalurkan di 8 Provinsi se-Indonesia yang menerima Bapanas. 
"Bantuan ini berupa pangan segar dan olahan berkualitas tinggi untuk meningkatkan kecukupan kalori dan status gizi," jelasnya. 
Turut pula hadir dalam acara ini, Sekda kota Jambi A Ridwan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Amirullah, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jambi Ismed, Kepala Dinas Sosial kota Jambi Yunita Indrawati, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan kota Jambi Evridal Asri, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian kota Jambi Amran, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kota Jambi Hendra Saputra, Camat Jelutung Hartono, dan para Lurah di Wilayah Kecamatan Jelutung, serta Forum RT di Kelurahan Cempaka Putih.(*)