Karhutla Meluas, Kini Tercatat 115,1 Hektare Lahan Terbakar

Selasa, 30 Juli 2024 - 10:57:16


/

RADARJAMBI.CO.ID-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendata total lahan yang terbakar di Jambi semakin meluas. Dari data itu, ratusan hektare lahan di berbagai daerah di Provinsi Jambi sudah ludes terbakar.

"Dari Januari hingga sekarang lahan yang sudah terbakar sudah ratusan hektar," kata Kepala BPBD Jambi, Bachyuni Deliansyah, Senin (29/7/2024).

Bachyuni menyebut lahan yang terbakar itu sudah tercatat mencapai 115,1 hektare. Itu lahan yang terbakar mulai dari lahan mineral dan lahan gambut yang ada di beberapa kabupaten/kota di Jambi.

"Untuk lahan mineral itu capai 36,1 hektare lahan yang terbakar, lalu kalau untuk gambut itu 79 hektare dengan total keseluruhan mencapai 115,1 hektare lahan yang sudah terbakar," ujar Bachyuni.

Dari data yang tercatat oleh BPBD Jambi, wilayah Kabupaten Sarolangun Jambi paling besar alami Karhutla mulai dari lahan mineral sampai lahan gambutnya.

Selanjutnya Kabupaten Muaro Jambi lalu Kabupaten Tanjabtim kemudian Kabupaten Tanjung Jabung Barat serta Kabupaten Merangin dan Kabupaten Batang Hari.

Luasan lahan yang terbakar itu mulai dari lahan mineral kemudian lahan gambut. Rata-rata yang terbakar juga diketahui merupakan lahan areal penggunaan lain atau APL bukan kawasan hutan.

"Jadi yang terbakar ini kebanyakan di lahan kosong," sebut Bachyuni.

Sejauh ini, Pemprov Jambi juga telah menaikkan status Karhutla dari siap siaga menjadi siaga darurat. Pemprov Jambi juga telah membentuk tim Satgas Karhutla untuk mengantisipasi akan terjadinya luasan Karhutla di musim kemarau ini.

Selaku Kepala BPBD Jambi, Bachyuni juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran untuk pembukaan lahan. Dia terus mengingatkan akan bahayanya karhutla di musim kemarau saat ini.

"Kita ingatkan, agar waspada lagi musim kemarau jangan membuka lahan dengan cara membakar," tegasnya. (*)

Penulis: Endang