Sinergitas Pemkab dan Forkopimda Mantapkan Pelaksanaan Pilkada Serentak di Sarolangun 2024

Selasa, 30 Juli 2024 - 22:13:35


Rapat Koordinasi Forkopimda
Rapat Koordinasi Forkopimda /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Sarolangun melaksanakan Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Lintas Sektoral. Kegiatan tersebut  Selasa (30/07) di Aula Hotel Nafiti, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sinergitas Pemkab Sarolangun dengan Forkopimda bersama pihak penyelenggara Pemilu, yakni KPU dan Bawaslu, tujuannya untuk penguatan dan pemantapan  helatan akbar Pilkada Serentak di Kabupaten Sarolangun tahun 2024, sehingga Pilkada serentak berjalan dengan aman dan sukses.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Kesbangpol Sarolangun, Hudri mengatakan, berdasarkan PKPU Nomor 02 tahun 2024, bahwasanya tahapan pelaksanaan Pilkada saat ini sedang dalam progres kegiatan berjalan, maka dinilai perlu dilakukan pemantapan pelaksanaan kegiatan Pilkada dalam rangka upaya persiapan dari berbagai sisi yang di perlukan.

"Adapun dasar pelaksanaan kegiatan ini mengacu pada  UU Nomor 10 tahun 2016 merupakan perubahan dari UU Nomor 01 2014 tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan bupati dan wakil bupati, pemilihan wali kota dan wakil wali kota ,dan surat edaran Mendagri RI tentang stabilitas pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota tahun 2024,"papar Hudri.

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, mengatakan bahwa pentingnya melaksanakan kegiatan Rakor Forkopimda ini dalam rangka meningkatkan kesepahaman bersama, sinergitas dalam rangka pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, jadi forum ini khusus membahas kesiapan Sarolangun untuk penyelenggaran Pemilu 2024.

Menurut Pj Bachril Bakri, melalui kegiatan ini, bisa mengantispasi seluruh kendala yang dihadapi, sehingga P{ilkada serentak di Kabupaten Sarolangun akan berjalan sukses, aman, jujur dan adil.

"Suksesnya Pilkada itu, jika kuatnya sinergitas seluruh elemen pendukung, itu menjadi bagian penting, ada pemerintah daerah, TNI/Polri, penyelenggara, tokoh masyarakat, Parpol, insan pers, masyarakat secara umum,” katanya.

Hal yang lebih penting, jelas Pj Bachril Bakri, yakni bagaimana partisipasi pemilih di Sarolangun sama dengan pasrtispasi pemilih pada helatan Pileg dan Pilpres yang lalu, yakni 86,8 persen.

"Hari ini kita upayakan parstisiapsi Pemilih Pilkada Bupati dan Gubernur minimal 83 persen, kalau bisa pasrtispasi pemilih mencapai 90 persen,"tegasnya.      

Berdasarkan pantauan, hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Kabag OPS Kompol Eko Prasetyo, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor CHK Dedy Afrizal, SH, MH, Kajari Sarolangun Alfred Tasik Palullungan, SH, MH, Wakil Ketua PN Sarolangun Novalina Manurung, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, S.Ag.

Selain itu hadir juga Asisten I Sarolangun Drs H Arief Ampera, Plt Kepala Bakesbangpol Sarolangun Hudri, M.Pd.I, Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika, SH, MH, Komisioner KPU Sarolangun Yuliana, Pos Binda Provinsi Jambi, Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan, S.STP, ME, Para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Unsur Tripika Kecamatan se-Kabupaten Sarolangun.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S