Topem & Tomas Tebo Bentuk Satgas Relawan Kawal Pilkada Bersih 2024

Senin, 05 Agustus 2024 - 21:08:21


/

Radarjambi.co.id-TEBO- Sejumlah Tokoh Pemuda (Topem) dan Tokoh Masyarakat (Tomas) Tebo, Senin (5/8) menginisiasi pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Relawan Kawal Pilkada Bersih 2024 di sekretariat bersama Rumah Seni Budaya Presisi, Muaro Tebo.

DR. Azri Tomas Tebo yang dikenal sebagai salah seorang pengacara kondang di Tebo menjelaskan pembentukan satgas tersebut berkaca dari Pemilihan Calon Legislatif (Pileg) di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi Tahun 2024 kemarin, terdapat kecurangan yang mengakibatkan pelaku harus berurusan dengan hukum.

"Kita tidak ingin hal ini terulang kembali, tujuan pembentukan satgas ini tidak hanya tertuju pada panitia atau pelaksana Pilkada saja, namun menyangkut para calon yang akan memimpin Kabupaten Tebo maupun Provinsi Jambi selama lima tahun kedepan semuanya harus bersih dan berkualitas,"ujar Azri yang juga merupakan Dewan Kehormatan PD IWO Tebo.

Hal senada disampaikan Hafizan Romy Faisal mengatakan untuk Satgas Relawan Kawal Pilkada Bersih 2024 ini, tidak hanya wartawan yang tergabung dalam PD IWO Tebo saja, namun semua wartawan, organisasi, komunitas dan mahasiswa pun bakal dilibatkan. Begitu juga dengan perwakilan dari kecamatan dan desa-desa di Tebo.

“Nanti kita akan membuka pendaftaran sebagai Satgas Relawan Kawal Pilkada Bersih 2024. Untuk kawan-kawan IWO pun silahkan bergabung, kita tidak ada pemaksaan untuk bergabung disini. Dan hari ini kita melakukan konfirmasi pers terkait ini,”ujar Romy.

Dikatakannya, dalam waktu dekat ini Satgas Relawan Kawal Pilkada Bersih 2024 akan menggelar deklarasi yang bakal menghadirkan pihak kepolisian, TNI dan pelaksana Pilkada dalam hal ini KPUD Tebo dan Bawaslu Tebo.

Ditegaskan dia jika keberadaan Satgas Relawan Kawal Pilkada Bersih 2024 adalah netral di Pilkada 2024, atau tidak memihak atau mendukung salah satu pasangan calon (Paslon) di Pilkada 2024.

“Tugas kita melakukan pengawalan, mulai dari pendaftaran hingga pelaksanaannya, dan sampai selesai. Begitu juga penyelenggara, akan kita lakukan pemantauan,”tutup Romy.(yan/akd)