Tim UAD Berikan Pelatihan Pengelolaan Emosi di Pedak Wijirejo

Jumat, 09 Agustus 2024 - 19:23:46


/

Radarjambi,co.id-Tim KKN UAD Periode 127 Unit C. 2 di Pedukuhan Pedak Wijirejo bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Yosi Wulandari melaksanakan Edukasi Kesehatan Mental dan Pelatihan Pengelolaan Emosi.

Rilis yang diterima Radarjambi.co.id, Kegiatana ini dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2024 di TPA At-Thohiriyah pedukuhan Pedak.

Pada kegiatan ini DPL bersama tim KKN yang diwakili oleh Bunnaya Dheya Shibghatallah dari Prodi Psikologi UAD dan Shodiq Gunawan dari Prodi Ilmu Hukum, serta rekan-rekan lainnya yang membantu kegiatan di lokasi tersebut melaksanakan pengabdian yang mengarahkan kepada usia anak-anak agar mereka terbiasa mengelola emosi yang baik dan tidak melakukan perundungan.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh pimpinan TPA At-Thohiriyah dan para pengajar Bapak Ustadz Muhammad Anas. Beliau dalam pengantar awalnya pada kegiatan pelatihan ini memberikan arahan kepada santri yang umumnya sedang menempuh pendidikan Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Arahan Ustadz Anas adalah meminta para Santri menyadari perbuatan bullying atau perundungan adalah bagian dari hal yang melanggar hukum dan dapat merusak kesehatan mental.

Oleh karena itu, Ustad Anas mengharapkan para santri dapat mengikuti pelatihan dengan baik.

Kegiatan edukasi dan pelatihan ini diikuti oleh kurang lebih 60 orang santri dari berbagai usia. Kegiatan dilakukan dari pemberian materi, dilanjutkan praktik lima tahapan pengelolaan emosi menurut CASEL yang memanfaatkan sarana sastra dan memanfaatkan kertas origami yang memudahkan siswa menerapkan arahan pelatihan yang disiapkan.

Para santri mengikuti kegiatan dengan semangat dan mendapatkan pengalaman untuk mengenali emosi dan belajar mengelola emosi dan membuat keputusan yang bijak tentang emosi mereka.

Kegiatan ini juga memberikan apresiasi kepada santri yang aktif selama kegiatan dan menyerahkan poser anti perundungan agar dapat diingat selalu oleh para santri dalam kehidupan mereka.(*)