PBSI FKIP UNJA Sukses Adakan PkM di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muaro Jambi

Selasa, 20 Agustus 2024 - 13:10:54


Pelaksanaan PkM oleh Dosen PBSI FKIP UNJA di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi
Pelaksanaan PkM oleh Dosen PBSI FKIP UNJA di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi /

radarjambi.co.id, Muaro Jambi-Program Studi  Pendidikkan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikkan FKIP Universitas Jambi sukses melaksankan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di  Dinas Pendidikkan dan Kebuadayaan Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (20/8).

Kegiatan ini merupakan bentuk Tridharma Perguruan Tinggi dimana bertujuan untuk memberikan penguatan dan peningkatan kualitas guru bahasa indonesia dan tenaga kependidikan baik itu penerapan kurikulum meredeka belajar, merancang pembelajaran serta penerapan EYD edisi ke V pada penulisan surat kedinasan.

Acara PkM ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muaro Jambi, Firdaus, S.Ag., M.M. Dalam sambutannya mengungkapkan rasa senang dan mengucapkan rasa terima kasih kepada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi  karena sudah memimilih Kabupaten Muaro Jambi sebagai tempat pengabdian,

”Kami sangat berterima kasih dan semoga kegiatan PkM ini akan berlanjut untuk kedepannya,” ungkap Firdaus, S.Ag., M.M.

Lebih lanjut, Firdaus, S.Ag., M.M berharap setelah diberikan materi baik guru dan tenaga kependidikan bisa menginplementasikan hasil PkM di lingkungan kerjanya masing-masing.

”Harapannya semua peserta bisa menerapkan materi yang diberikan, baik dalam pengajaran maupun penggunaan bahasa Indonesia sesuai kaidah kebahahasaan yang ada,” harapnya.

Diwaktu yang sama, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh dari Dinas Pendidikkan dan Kebudayaan Muaro Jambi yang telah menyambut dengan baik dan menyiapkan prasarana yang dibutuhkan.

”Muara jambi memang sudah berkerjasama dengan kami (Program Stud Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Jambi, red) terkait dengan PkM,” kata Drs. Eddy Pahar Harahap, M.Pd.

Dalam pelaksanaan PkM ada lima judul yang menjadi pokok pembahasan yaitu,

Penyuluhan dan Pendampingan Tenaga Kependidikkan di Sekolah Menengah Pertama se-Kabupaten Muaro Jambi dalam Menerapkan EYD Edisi V pada Persuratan Surat Dinas yang di ketuai oleh Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd.

Penyuluhan Sistematika dan Penulisan Surat Dinas kepada Tenaga Kependidikan di ketuai oleh Deri Rachmat Pratama, M.Pd.

Penyuluhan Penguatan Kurikulum Merdeka dalam Mengimplementasikan Program P5 bagi Guru Bahasa Indonesia di SMP diketuai oleh Dra.Rasdawati,M.M.

Asesmen Diagnostik Menggunakan Design Thinhking dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP diketuai oleh Dr.Rustam,M.Hum.

Pelatihan Merancang Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif dengan Menggunakan Live Work Sheet bagi Guru SMP di ketuai oleh Dra.Yusra,D.,M.Pd.

Acara PkM berjalan dengan sukses dan seluruh peserta berpartisipasi dengan sangat aktif. Dalam rangkaian acara, peserta bukan hanya mendengar materi tetapi juga diberi kesempatan untuk bertanya. Peserta juga aktif langsung dalam merancang penyusunan kurikulum, pembuatan asesmen dan merancang media pembelajaran. Selain itu Peserta diajak membedah beberapa surat yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Dea Putri salah satu peserta PkM dari SMP IT Yasin 9 Darussallam mengaku sangat memberikan manfaat dalam segi materi yang diberikan dan dirinya berharap dukungan dari Tridharma dosen bisa terus berlanjut.

”Kegiatannya sangat bermanfaat, semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dengan topik yang berbeda,” harap Dea Putri.

Penulis: Musriah
Editor: Endang