Lolos Pendanaan Nasional Tim PPK Ormawa PTQ Ar Rayhaan Melakukan Pengabdian di Desa Pematang Raman

Rabu, 28 Agustus 2024 - 17:09:32


Tim PPK Ormawa PTQ Ar Rayhaan Universitas Jambi Melakukan Pengabdian di Desa Pematang Raman
Tim PPK Ormawa PTQ Ar Rayhaan Universitas Jambi Melakukan Pengabdian di Desa Pematang Raman /

RADARJAMBI.CO.ID-Tim PPK Ormawa PTQ Ar-Rayhaan Universitas Jambi berhasil dan dinyatakan lolos oleh pendanaan Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Rebublik Indonesia dibuktikan dengan SK Nomor 1728/UN21/KM/2024.

Tim yang beranggotakan 15 Mahasiswa ini terdiri dari 8 program studi yang berbeda di antara nya yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,Pendidikan Bahasa Arab,Pendidikan Matematika,Pendidikan Biologi,Akuntasi,Sistem Informasi dan Peternakan, yang diketuai oleh Abdul Hakim Febridalsyah serta Dosen Pendamping Lapangan yang berperan aktif dalam kesuksesan tim ini yaitu Bapak Dr.Ir.Teja Kaswari, M.Sc.

Tim PPK Ormawa PTQ Ar-Rayhaan lolos pendanaan dengan judul proposal ”Memberantas buta aksara Al-Qur’an dan mentradisikan khatam Al-Qur’an menuju generasi qur’ani di Desa Pematang Raman Muaro Jambi”.

PPK Ormawa adalah program penguatan kapasitas organisasi mahasiswa berkompetensi nasional tingkat perguruan tinggi yang memperlombakan suatu organisasi mahasiswa dalam misi memperdayakan masyarakat Desa.

Tim PPK Ormawa PTQ Ar-Rayhaan mempunyai program unggulan untuk masyarakat Desa Pematang Raman yaitu Tilawah,Tartil,Tahfizh dan Khatam Al-Qur’an.

Kepala Desa Pematang Raman Ahmad Kusai S.Sy menyambut dengan hangat kedatangan Tim PPK Ormawa dan mengucapkan terimakasih kepada Tim PPK Ormawa hendak mengabdi kepada masyarakat 4 bulan kedepannya.

”Saya berharap kepada tim ppk ormawa ukm PTQ Ar-rayhaan universitas jambi bisa membawa perubahan kepada masyarakat dalam keagaman di desa kami seperti membaca al-qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan makhrojud huruf dan tajwidnya “harapannya.

Ketua Tim PPK Ormawa dan anggota melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa Pematang Raman bertujuan untuk menyampaikan program PPK Ormawa PTQ Ar-Rayhaan yang akan di jalankan selama 4 bulan kedepan Kami melihat potensi yang besar di desa Pematang Raman untuk menjadi desa Qurani, di buktikan dengan adanya rumah tahfidz yang sudah dibangun dari tahun 2020.

Namun sayangnya, menurut data yang saya peroleh, masih terdapat masyarakat yang belum mampu memmbaca, menulis, dan menghafal quran dengan baik.

"Dengan Advokasi yang kami bawa, kami berharap tingkat partisipasi masyarakat dalam mendukung program yang akan kami jalankan dapat terlaksana dengan baik. Agar nantinnya kami dan masyarakat bisa saling memberikan feedback yang baik”. ucapnya.

Dr. Ir. Teja Kaswari.,M.Sc. selaku Dosen pembimbing lapangan PPK Ormawa PTQ Ar-Rayhaan menyampaikan harapan kepada pemerintah desa dan masyarakat agar nantinya program yang kami bawa dapat memberikan dampak positif dalam jangka waktu Panjang dan secara berkelanjutan, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam menciptakan generasi qurani di Desa Pematang Raman.(*) 



Sumber: Al Amin Saputra Mahasiswa Universitas Jambi