Pj Sekda Sarolangun: Alokasi TPP untuk PPPK Menunggu Petunjuk Pusat

Minggu, 08 September 2024 - 11:38:17


Ir. Dedy Hendry Didampingi Kadis Damkar Trianto
Ir. Dedy Hendry Didampingi Kadis Damkar Trianto /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN - Rancangan alokasi Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Pemkab Sarolangun pengangkatan 2023 dan 2024, belum bisa dipastikan terealisasi pada tahun 2025 mendatang.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sarolangun masih menunggu petunjuk dan arahan dari pemerintah pusat.

Hal ini dikatakan Pj Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si ketika dibincangi Radarjambi.co.id, belum lama ini.

Menurutnya, kajian TPP untuk PPPK bekerja di Pemkab Sarolangun menuai angka yang sangat besar. Pengangkatan PPPK tahun 2023 sekitar 200 orang, dan pengangkatan PPPK tahun 2024 sekitar 1.564 orang.

"Kita lihat dulu arahan dari pemerintah pusat seperti apa, sebab ini bersentuhan dengan APBD Sarolangun,"ujar Dedy Hendry.

Ada yang menarik, dijelaskan Pj Sekda, Pemkab Sarolangun akan merekrut 243 PNS, secara persyaratan dan jadwal kelengkapan berkas sudah diumumkan BKPSDM.

Selain itu, dalam tahun 2024 ini, Pemkab Sarolangun juga berencana merekrut PPPK, nantinya akan sejalan dengan  pengumuman jumlah formasi.

" Sebanyak 3.606 formasi PPPK yang boleh kita isi, tapi apakah kemampuan keuangan daerah bisa sekaligus diangkat, dan bagaimana tekhnisnya nanti, itu masih menunggu arahan pusat. Intinya ketersedian anggaran atau kemampuan APBD,"jelasnya.  

Pj Sekda merincikan, jika secara ideal perekrutan PPPK, untuk menyelesaikan tenaga honorer di daerah.

"Siapapun mempunyai kesempatan, tergantung kesesuaian pendidikan dan jabatan yang dibuka,"tutup mantan Kepala Bappeda dan Kadis TPHP Sarolangun.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S