Tutup Lomba Bercerita, Pj Wali Kota : Sarana Meningkatkan Bakat Dan Membangun Imajinasi

Rabu, 11 September 2024 - 20:40:16


/
RADARJAMBI.CO.ID - Jambi, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih menutup Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Jambi Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi, bertempat di Aula Griya Mayang Rumah Dinas Jabatan Wali Kota, pada Rabu (11/9/). 
 
Turut hadir dikesempatan itu, Anggota DPRD Kota Jambi H. Muslim, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi Arzi Effendi beserta jajaran, perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jambi, perwakilan Bank Indonesia Jambi, OJK Jambi dan Petro China International LTD Jambi, sejumlah Camat dan Lurah kota Jambi, Instansi Vertikal kota Jambi, para peserta lomba dan undangan lainnya. 
 
Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Jambi menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut.
 
"Alhamdulillah, saya sangat bangga melihat semangat yang luar biasa dari anak-anak kita hari ini. Mereka telah menunjukkan bakat, kepercayaan diri dan kemampuan bercerita yang luar biasa. Melalui kegiatan bercerita, bertutur atau mendongeng ini selain meningkatkan potensi kemampuan dan bakat anak terutama dalam berbahasa, namun juga dapat menjadi media menyampaikan pesan-pesan moral, nilai budaya dan membangun imajinasi," ujarnya. 
 
Melalui kegiatan lomba bercerita itu, kata Sri, para guru dapat melihat hasil dari didikan dan tempaan yang telah dilakukan selama ini di sekolah. 
 
"Kita patut bangga karena  anak-anak kita telah menunjukkan bakat dan potensinya dalam bercerita, terlepas dari apakah anak kita menjadi pemenang atau belum beruntung menjadi salah seorang pemenang dalam ajang lomba kali ini," sebutnya. 
 
Dia juga berpesan, bagi para peserta baik itu menjadi pemenang maupun tidak agar menjadikan ini motivasi untuk terus mengembangkan diri dan menyebarkan semangat berkompetisi kepada teman-teman yang lain. 
 
"Bagi anak-anakku yang belum berkesempatan menjadi juara kali ini, jangan berkecil hati. Teruslah berlatih, karena kesempatan masih terbuka lebar di masa depan. Dan bagi yang berhasil meraih juara, janganlah cepat berpuas diri. Untuk itu dalam kesempatan ini, mari kita berikan apresiasi yang tinggi kepada anak-anak Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Se-Kota Jambi yang telah berpartisipasi pada lomba bercerita tahun ini," ucap Sri. 
 
 Sri berharap, sebagai leading sektor, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi dapat menggali lebih dalam potensi yang dapat di jadikan sebagai Icon Perpustakaan, sehingga tidak hanya dikenal sebagai tempat membaca dan meminjam buku saja, tetapi Perpustakaan memiliki banyak kegiatan yang melibatkan seluruh masyarakat Kota Jambi.
 
"Karena dalam program kerja di Perpustakaan juga terdapat kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan, bermitra dengan banyak pihak yang siap mendukung peningkatan keterampilan dan pengetahuan masyarakat," ucapnya. 
 
Pj Wali Kota Jambi itu juga mengimbau semua pihak untuk terus berkarya dan berinovasi membuat masyarakat Kota Jambi, terutama anak-anak Kota Jambi menjadi anak-anak yang cerdas, kreatif, mandiri dan berkarakter, memiliki ilmu pengetahuan, menguasai teknologi terutama teknologi Informasi, serta memiliki keimanan dan bertaqwa. 
 
Diakhir sambutannya, Sri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak, terutama yang telah berpartisipasi langsung dalam menyukseskan kegiatan tersebut. 
 
"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga karena tanpa bermitra dengan pihak lain, Perpustakaan Daerah Kota Jambi tidak akan mungkin dapat melaksanakan kegiatan yang meriah ini. Saya juga sangat mengapresiasi kinerja Perpustakaan Kota Jambi yang telah bekerja keras untuk menghadirkan perpustakaan yang representatif, serta terus melakukan pembinaan ke perpustakaan sekolah dan perpustakaan kelurahan yang ada di lingkungan masyarakat," pungkas Sri Purwaningsih. 
 
Sebelumnya, dalam laporan pelaksanaan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi Arzi Effendi menyampaikan, kegiatan lomba bercerita itu dilaksanakan sejak tanggal 9 hingga 12 September 2024.
 
"Lomba Bercerita Rakyat Tingkat SD/MI se-Kota Jambi ini diikuti 95 peserta dari 81 sekolah," jelasnya.
 
Adapun tujuan dari rangkaian lomba tersebut, sebut Arzi, yakni untuk menumbuh kembangkan minat dan kegemaran
bercerita, meningkatkan budaya literasi pada siswa, memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, memberikan edukasi kepada peserta tentang keindahan dari Perpustakaan, serta untuk menanamkan cinta kebudayaan dan persatuan bangsa. 
 
"Selanjutnya, guna menggalakkan minat baca dengan memanfaatkan waktu luang agar tercipta masyarakat kreatif, dinamis, produktif dan mandiri. Serta
mendidik anak-anak kita untuk memelihara dan memanfaatkan bahan pustaka secara tepat guna dan berhasil," sebutnya. 
 
Lebih lanjut, Dia menjelaskan, dalam perlombaan bercerita itu para Dewan Juri terdiri dari Tokoh Adat, Seniman dan perwakilan kantor Bahasa Provinsi Jambi. 
 
Di akhir kegiatan dilakukan penyerahan piala, piagam dan hadiah kepada para pemenang lomba oleh Pj Wali Kota Jambi. Dengan nominasi dan pemenang sebagai berikut : Juara I Maude Prudance Putri Hutabarat 
Juara II Meyza Malika
Juara III Kerrin Golda Maela Limbong
Harapan I Muhammad Azam Harisman
Harapan II Kayyisah Putri Pasaribu
Harapan III Alviano G. D Marpaung
 
Penutupan lomba juga dirangkai dengan pengumuman pemenang berbagai lomba lainnya yang digelar oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi Tahun 2024, diantaranya, Lomba Konten Melalui Media Sosial yang dilaksanakan selama 3 Bulan dari bulan Maret hingga Juni 2024, Lomba Menulis Cerita Pendek Melalui media Sosial selama 2 bulan dari bulan Juli hingga Agustus 2024, serta Lomba Perpustakaan Tingkat Kelurahan yang dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 12 hingga 16 Agustus 2024.(*ria/akd)