Bawaslu Sarolangun Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Pers

Rabu, 11 September 2024 - 23:47:39


/

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Salah satu upaya untuk mewujudkan perhelatan akbar pesta demokrasi Pilkada Sarolangun 2024 berjalan dengan damai, aman dan berintegritas, Bawaslu Sarolangun Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama pers liputan di Kabupaten Sarolangun, Rabu (11/09) dimulai sekitar pukul 9.40 WIB hingga pukul 15.00 WIB bertempat ball room Hotel Nafiti Hotel Sarolangun.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Ketua Bawaslu Sarolangun, Mudrika SH MH bersama anggota Bawaslu Sarolangun, Johan Iswadi SP dan Aspriadi, S.SY.

Sajian kegiatan yang berlangsung khidmat diikuti Pj Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Kasat Intelkam AKP Sukman, SH, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor CHK Dedy Afrizal, SH, Kasi Intel Kejari Sarolangun Rikson Lothar Siagian, SH, PJ Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M. Si, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I, Humas PN Sarolangun Dzakky Hussein, Plt Kepala Bakesbangpol Sarolangun Hudri, M. Pd.I,

Kegiatan ini menghadirkan wartawan senior Kota Jambi sebagai nara sumber, yakni Bayu Alfarizi, Risza S Bassar dan Arpen Kanedi.

Ketua Bawaslu Sarolangun, Mudrika membuka kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama pers. Sebagai bentuk keseriusan untuk menuju Pilkda damai, aman dan berintegritas, kegiatan ini dibarengi dengan penandatangan pakta integritas oleh Forkompimda dan perwakilan pers.    

Laporan Ketua Panitia Pelaksana, Dodi Sartono memaparkan, jika dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama pers untuk meningkatkan kesadaran partisipasi masyarakat, khususnya media dan humas di OPD dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Sarolangun untuk mensukseskan Pilkada Sarolangun 2024.

"Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 100 orang, dengan melibatkan pers liputan Kabupaten Sarolangun, Forkompimda dan LO Parpol,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sarolangun, Mudrika menjelaskan, untuk saat ini tahapan Pilkada Sarolangun memasuki tahapan verifikasi administrasi dan tahapan verifikasi faktual persyaratan bakal calon.

"Insya Allah pada 22 September 2024 akan dilakukan penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun Priode 2024-2029, seterusnya 23 September 2024 akan dilakukan pencabutan nomor urut Calon Bupati dan Wakil Bupati, kemudian 25 September 2024 akan dimulainya masa kampanye,"papar Mudrika.

Menurut Mudrika, media cukup berperan dalam mensukseskan Pilkada, sebab media bisa menyampaikan pesan penting kepada masyarakat. Selain itu, media juga berperan penting dalam melakukan pengawasan partispatif.  

"Kami berharap media senantiasa memberitakan hal yang positif, berita yang berimbang, berita yang bisa dipertanggungjawabkan, jika ada berita hoax sama-sama kita mengcounter dengan berita yang benar,"ujarnya.   

Menariknya, secara de facto, sebut Mudrika, bahwa Sarolangun sangat ini aman dan kondusif untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

"Semoga sampai 27 November 2024 dan sampai ke titik dilantik Bupati dan Wakil Bupati terpilih, Sarolangun tetap damai, aman dan kondusif,"tandasnya.

Terpisah, Pj Bupati Bachril Bakri mengatakan, Bawaslu menyadari tidak mampu dengan sendiri mengawasi Pilkada, tentu secara bersama media bisa berperan dalam melakukan pengawasan.

"Pengawasan itu penting, karena dalam ilmu managemen, control dan pengawasan itu merupakan tingkat penentu  keberhasilan kegiatan dan program, namun kuncinya adalah terciptanya keadilan. Keterlibatan pers bisa membantu keadilan terhadap penyelenggara Pilkada agar berjalan dengan sukses,"tandasnya.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S