BPJS Kesehatan Cabang Jambi Terus Mendukung Program Pemerintah Mewujudkan RPJMN

Kamis, 12 September 2024 - 17:42:11


/
RADARJAMBI.CO.ID - BPJS Kesehatan Cabang Jambi terus mendukung program pemerintah dalam rangka mewujudkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024, dengan tujuan memberikan jaminan Kesehatan yang menyeluruh kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 
 
Hal itu dibuktikan dengan telah berhasilnya Pemerintah Kota Jambi melakukan percepatan capaian Universal Health Coverage (UHC) pada tahun 2024. Penghargaan UHC kali ini, merupakan penghargaan yang kesekian kalinya diraih oleh Pemerintah Kota Jambi, di mana pada tahun 2024 ini capaian UHC Pemkot Jambi mencapai angka 98,49 persen. 
 
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi, Shanti Lestari mengatakan dengan telah diraihnya predikat UHC, artinya hampir seluruh masyarakat telah memiliki jaminan kesehatan sebagai perlindungan diri dari biaya-biaya kesehatan yang tidak terduga. Dalam meningkatkan cakupan peserta Kota Jambi, BPJS Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Kota Jambi serta berbagai pihak pemangku kepentingan, mengupayakan banyak strategi dengan tujuan melakukan akselerasi proses pendaftaran peserta, agar dapat memenuhi target minimal capaian peserta Universal Health Coverage (UHC) dari target yang telah ditentukan. 
 
“Upaya ini dilakukan, meskipun masih terdapat masyarakat yang belum menyadari akan pentingnya Program JKN, sehingga perlu kerja keras dan upaya bersama untuk mencapai tujuan tersebut. Ini merupakan kesekian kalinya Kota Jambi berhasil mendapatkan penghargaan UHC. Nantinya dalam UHC Award tahun 2024 yang dihadiri oleh Wakil Presiden pada Kamis, 8 Agustus 2024 mendatang, Kota Jambi akan mendapatkan penghargaan tersebut,” terang Shanti.
 
Hal ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi daerah lainnya yang belum mendapatkan predikat UHC di seluruh Provinsi Jambi, agar segera meningkatkan cakupan kepesertaannya. Sejauh ini, cakupan kesehatan semesta atau UHC menjadi topik penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UHC bertujuan memastikan setiap individu memiliki akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas tanpa menghadapi kesulitan finansial. 
 
“BPJS Kesehatan Cabang Jambi terus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan pemerintah daerah yang ada di Provinsi Jambi, dengan tujuan agar pemerintah daerah segera mengupayakan capaian kepesertaan dan mendapatkan predikat UHC sehingga masyarakat lebih terjamin kesehatannya,” katanya.
 
BPJS Kesehatan Cabang Jambi, sebagai penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah mencatat berbagai pencapaian penting, dimana peserta BPJS Kesehatan saat ini terus mengalami peningkatan dari setiap pelayanan kesehatan. 
 
“Kami terus berupaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan memperluas cakupan agar seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaatnya,” ujar Shanti.
 
Shanti menjelaskan bahwa pencapaian UHC Kota Jambi ini juga berdampak positif terhadap perekonomian. Dengan mengurangi beban biaya kesehatan bagi masyarakat, capaian UHC mendorong peningkatan produktivitas dan daya beli masyarakat, yang pada akhirnya menggerakkan roda perekonomian.
 
Sementara itu, Ngatini, salah satu peserta yang sudah didaftarkan pemerintah dalam Program JKN ini mengaku cakupan Kesehatan Semesta melalui BPJS Kesehatan telah membawa dampak positif bagi masyarakat terkhusus dirinya. 
 
Ngatini menyebutkan, sebagai seorang ibu rumah tangga dengan tiga anak, dirinya sangat terbantu dengan adanya Program JKN dengan UHC ini. 
 
“Ketika anak saya yang bungsu jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit, kami tidak perlu khawatir tentang biaya. Sebagai seorang peserta yang dijamin oleh Program JKN dibayarkan pemerintah, semua ditanggung oleh BPJS Kesehatan, mulai dari rawat inap hingga obat-obatan, dan tentunya itu sangat meringankan beban keluarga kami,” ujar warga Kota Jambi ini.
 
Dengan adanya program dari BPJS Kesehatan telah memberikan dampak positif dan signifikan bagi banyak keluarga. Dengan berbagai kemudahan dan manfaat yang ditawarkan, BPJS Kesehatan membantu memastikan bahwa setiap warga negara mendapatkan akses layanan kesehatan yang layak tanpa harus menghadapi kesulitan finansial. 
 
“Mari kita dukung dan manfaatkan program ini demi kesehatan dan masa depan yang lebih baik. Bersama BPJS Kesehatan, menuju Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera,” ajak Ngatini.(*ria/akd)