Lepas Kafilah MTQ Kota Jambi, Pj Wali Kota : "Raih Prestasi, Harumkan Nama Tanah Pilih Pusako Batuah

Rabu, 18 September 2024 - 10:52:45


/
RADARJAMBI.CO.ID - Jambi, Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih melepas Kafilah Kota Jambi yang akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2024 yang akan digelar di Kabupaten Kerinci pada tanggal 20 hingga 27 September 2024.
 
Pada pelepasan Kafilah kota Jambi yang digelar di Aula Griya Mayang Rumah Dinas Jabatan Wali Kota, pada Selasa (17/9/24) malam itu, turut dihadiri Sekda kota Jambi A Ridwan, Kepala Kantor Kemenag kota Jambi Abdul Rahman, Ketua MUI Kota Jambi, Staf Ahli Wali Kota dan Asisten Sekda, Kepala Bagian Kesra Setda kota Jambi, para Tim Official, Pengawas, Pendamping, Pelatih serta seluruh Kafilah MTQ kota Jambi. 
 
Mengawali sambutannya, Pj Wali Kota Jambi menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan Kafilah pada penyelenggaraan MTQ Tingkat Provinsi Jambi di dua edisi sebelumnya, dimana kota Jambi berhasil menjadi Juara Umum. 
 
"Alhamdulillah dua tahun berturut-turut kita mampu menjadi Juara Umum pada pelaksanaan MTQ ke-51 dan 52 di kota Sungai Penuh dan Kabupaten Sarolangun. Tentunya ini semua atas ridho Allah Subhana Wata'ala, dan karena latihan, semangat yang penuh dengan perjuangan qori-qoriah, hafizh-hafizhah serta semua official," ujarnya. 
 
"Pada tahun ini, tentunya apa yang telah kita raih kita harapkan tidak berhenti sampai di situ, kita berharap ini menjadi motivasi dan semangat untuk dapat mempertahankannya, sehingga tahun ini bisa kembali menjadi yang terbaik, keluar sebagai Juara Umum di pelaksanaan MTQ ke-53 tingkat Provinsi Jambi yang akan digelar di Kabupaten Kerinci nanti," lanjutnya. 
 
Sri menyebut, MTQ merupakan salah satu kegiatan pembangunan, pembinaan dan pendidikan mental spiritual, dan juga sebagai wahana menyemarakkan syiar Islam, guna memupuk ukhuwah Islamiyah yang didalamnya juga memiliki makna penanaman nilai-nilai agama yang diharapkan dapat membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk membaca, memahami, mencintai, dan mengamalkan serta mensosialisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci Al-Qur'an.
 
Selain itu, Sri juga menekankan event MTQ tersebut sebagai ajang untuk meraih prestasi serta mengharumkan nama Kota Jambi. 
 
"Inilah saatnya, saudara-saudara membuktikan hasil dari latihan serta kerja keras selama ini untuk mengemban amanah dari Pemerintah Kota Jambi dan seluruh masyarakat negeri Tanah Pilih Pesako Betuah ini,” tuturnya. 
 
Dirinya optimis, pada perhelatan MTQ ke-53 Kabupaten Kerinci ini, para Kafilah kota Jambi dapat meraih prestasi terbaik. 
 
"Saya yakin dan percaya dengan latihan keras dan pembinaan para peserta selama ini, dan  pengalaman seluruh official Kota Jambi pada pelaksanaan MTQ sebelumnya, Insya Allah kita akan dapat menjalankan segala aktivitas di Kerinci nantinya dengan baik dan sukses dengan meraih prestasi kembali sebagai Juara Umum," harap Sri. 
 
Sri juga berpesan, selama pelaksanaan MTQ para kafilah senantiasa menjaga kondisi kesehatan agar dapat tampil secara maksimal dalam berbagai cabang lomba nantinya. 
 
"Senantiasa para Kafilah mendengarkan saran dan arahan dari official, tingkatkan disiplin, istirahat yang cukup agar dapat berkonsentrasi penuh pada ajang yang diikuti, dan junjung tinggi sportifitas, serta tunjukkan pula sikap dan perilaku kita sebagai warga Kota Jambi yang berakhlak dan berbudaya, terus terang saya bangga kepada kalian semua. Adik-adik semua merupakan putra-putri terbaik dan dipilih untuk mewakili Kota Jambi dalam ajang ini," tukas Sri
 
Sebelumnya, dalam laporan pelaksanaan, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Jambi, Abdul Rahman, sekaligus selaku Ketua dan Pimpinan Kafilah kota Jambi menyebut, pada ajang MTQ ke-53 di Kabupaten Kerinci ini, para Kafilah berjumlah 74 orang dengan pendamping 38 orang. 
 
"Dengan jumlah keseluruhan 112 orang, semoga dengan doa dan ikhtiar kita selama ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses diperhelatan MTQ ke-53 dari awal hingga akhir," sebut Abdul Rahman. 
 
Dia juga menekankan, bahwa seluruh tahapan-tahapan telah selesai dilewati dengan baik, mulai dari TC, penyediaan perlengkapan hingga administrasi peserta.
 
"Alhamdulillah semua sudah diselesaikan, dan insya Allah pada 18 September besok saya sebagai pimpinan Kafilah akan memulai keberangkatan ke Kabupaten Kerinci," jelasnya. 
 
Tidak lupa, agar maksimal dalam penampilan di ajang MTQ tersebut, Abdul Rahman juga berpesan untuk para Kafilah agar menjaga kesehatan dan perlengkapan yang diperlukan. 
 
"Kepada pendamping saya juga mengingatkan semua berkas agar dipersiapkan dengan baik dan betul-betul diperhatikan," ucap Abd Rahman. 
 
Selain memotivasi para Kafilah, Dia juga berharap dukungan dan doa dari segenap masyarakat kota Jambi agar timnya dapat meraih prestasi puncak dengan membawa tropi Juara Umum untuk kota Jambi.
 
"Anda semua adalah kebanggaan kota Jambi, putra dan putri terbaik. Kesempatan ini belum tentu terulang, tampilah dengan penuh semangat dan bersungguh-sungguh. Kami mohon doa dan dukungan seluruh lapisan masyarakat kota Jambi. Iringi kami dengan doa dalam menjalankan ajang MTQ dengan sukses, Insya Allah kota Jambi kembali keluar sebagai Juara Umum dan membawa tropi tetap ke Tanah Pilih Pusako Batuah," pungkasnya. 
 
Dalam rangkaian pelepasan Kafilah tersebut, turut dilakukan pembacaan lantunan ayat suci Al Quran oleh Qoriah Melian Safitri. Dan ditampilkan penampilan busana yang akan dikenakan para Kafilah kota Jambi pada ajang MTQ ke-53 di Kabupaten Kerinci.
 
Berdasarkan laporan dari dari pesan singkat WA Kepala Bagian Kesra Setda Kota Jambi, Kamal Firdaus, Kafilah Kota Jambi yang akan mengikuti perhelatan MTQ ke-53 Tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Kerinci hari ini (Rabu 18/9/2024) telah bertolak dari Jambi menuju Kabupaten Kerinci.
 
"Alhamdulillah, tepat pukul 8 pagi ini kami bertolak menuju kabupaten Kerinci dengan menggunakan 3 bus besar dan beberapa kendaraan minibus, dan Alhamdulillah tadi juga telah dilepas secara langsung oleh Bapak Sekda. Mohon doanya dari segenap masyarakat kota Jambi semoga kami diberikan kekuatan dan kemudahan untuk kembali mempertahankan Juara Umum dengan membawa tropi tetap untuk Tanah Pilih Pusako Batuah kota Jambi," tulisnya.(*ria/akd)