Ingat! 10 Pendukung Calon Diperbolehkan Hadir di Pengundian Nomor Urut Pilkada Sarolangun

Sabtu, 21 September 2024 - 11:17:10


KPU Kabupaten Sarolangun
KPU Kabupaten Sarolangun /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun menjadwalkan rancangan kerja dalam menjalankan tahapan Pilkada Sarolangun 2024.

Penetapan status Bakal Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Bakal Paslon Wakil Bupati (Wabup) 2024-2029 menjadi status Paslon Bupati dan Wabup 2024-2029 akan dilaksanakan pada Minggu 22 September 2024.

KPU Sarolangun menjadwalkan pengundian nomor urut Paslon Bupati dan Wabup pada Senin 23 September 2024 bertempat di halaman KPU Sarolangun, Kelurahan Sarolangun Kembang, Kecamatan Sarolangun.  

Namun, dalam proses pelaksanaan kegiatan pengundian nomor urut, KPU Sarolangun bersama Bawaslu, TNI, Polri, LO Paslon, dan stake holder sepakat melakukan pembatasan terhadap kehadiran tim pendukung dari masing-masing Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup).  

Tim pendukung Cabup dan Cawabup diperbolehlan masuk ke arena pengundian nomor urut sebanyak 10 orang, plus 2 orang dari masing-masing isteri Paslon.

Ketua KPU Sarolangun, Ahmad Mujaddid membenarkan hal ini. Menurutnya, salah satu pertimbangan pembatasan hadirnya jumlah tim pendukung calon pada pengundian nomor urut, yakni situasi dan kondisi lokasi halaman KPU.

"Agar pelaksanaan berjalan aman, tertib dan lancar, maka disepakati pembatasan kehadiaran tim pendukung dari masing-masing Cabup dan Cawabup,"ujarnya.

Dipaparkan Ahmad Mujaddid, sebetulnya KPU Sarolangun telah merencanakan tempat pengundian nomor urut di salah satu hotel Pasar Sarolangun, ini berkaca pada pelaksanaan Pilkada Sarolangun 2017, namun mengacu pada arahan KPU Provinsi Jambi dan KPU RI, maka pengundian harus dilaksanakan di masing-masing KPU Kabupten/Kota.

"Dalam mengambil langkah kerja, tentuya pasti mengikuti arahan KPU Provinsi Jambi dan KPU RI,"cetusnya.

Selain itu, dikatakan Ahmad Mujaddid, pada Selasa 24 September 2024, KPU Sarolangun melaksanakan Pilkada Damai bersama pasangan Cabup dan Cawabup.

"Insya Allah, jadwal tahapan kampanye akan dimulai pada Rabu 25 September 2024,"ucapnya.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S