LAM Kota Jambi Sukses Gelar Kegiatan Sisik Siang Visi Misi Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jambi

Sabtu, 21 September 2024 - 19:10:22


/
RADARJAMBI.CO.ID - Lembaga adat melayu (LAM) Kota Jambi menggelar kegiatan sisik siang visi dan misi calon wali kota dan calon wakil wali kota Jambi priode 2024 - 2029 dengan tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh lintah agama. Di Aula Balai adat LAM Kota Jambi, Sabtu ( 21/9).
Kegiatan tersebut di hadiri oleh pengurus LAM setiap kecamatan, dua pasangan Calon Wali Kota Jambi. namun Paslon HAR- Guntur berhalangan hadir dan wakilkan oleh Fauzi dan Rahman dila.
 
Paslon Maulana  - Diza datang secara langsung disambut dengan kompangan dan Solawat.
 
Paslon Maulana -Diza menyampaikan Seluruh Visi dan Misinya termasuk yang berkaitan dengan lembaga adat melayu Kota Jambi kedepannya.
 
Selain itu, Maulana menyoroti program "Kampung Bahagia," yang mencakup kesehatan dan pendidikan. Dalam program kesehatan, mereka berkomitmen memberikan kartu kesehatan untuk memastikan masyarakat memperoleh akses layanan kesehatan yang layak. 
 
"Program prioritas Kampung Bahagia dengan alokasi Rp100 juta per RT mencakup penguatan struktur kelembagaan, termasuk lembaga adat dan RT, dimulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan dan kota. Kami juga akan memasukkan pelajaran sejarah dan adat Melayu Jambi di sekolah-sekolah," terangnya.
 
Usai acara Maulana menyampaikan bahwa 
Kehadiranya lengkap bersama istri dan Diza juga bersama istri memenuhi undangan Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Jambi, Majelis Ulama Indonesia(MUI) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).
 
"kami berdua mengucapakan terima kasih kepada ketiga lembaga ini yang mengundang kami untuk sama - sama berdiskusi memberikan ide dan gagasan masukan tentunya kami sebagai Calon untuk menyerap aspirasi itu,"ujarnya.
 
Lebih lanjut ia mengatakan di forum seperti ia dapat menyampaikan visi dan misi khususnya program bahagia berbudaya.
 
" Forum ini adalah forum diskusi, kami menyampaikan ide visi misi kami program, prioritas kami termasuk bahagia berbudaya ini adalah program unggulan kami dimana menjaga akhlak merupakan pusat kebahagiaan,"ujarnya.
 
Bagaimana masyakat bisa berhubungan baik dengan tuhan implikasinya masyarakat bisa berhubungan baik dengan sesama manusia.
 
"Semoga momen ini bisa menjadi komen keakraban di antara kita," pungkasnya.
 
Sementara Paslon HAR - Guntur tidak dapat hadir dikarenakan ada urusan yang Sangat penting di Luar Kota,  namun paslon tersebut diwakilkan oleh M. A. Fauzi untuk menyampaikan Visi dan Misi terkait lembaga adat di Kota Jambi.
 
M.Fauzi Menyampaikan bahwa Dirinya diminta untuk mewakili paslon tersebut, beliau berada di Luar Kota.
 
"Mereka lagi tidak ada di Jambi, ada undangan mendadak, jadi saya yang mewakilkan," ujarnya.
 
M.A. Fauzi, mewakili pasangan Har - Guntur, memaparkan visi dan misi mereka terlebih dahulu. Ia menyampaikan bahwa visi pasangan tersebut adalah "Kota Jambi Maju dan Mandiri". Misinya mencakup berbagai aspek, termasuk alokasi anggaran hibah sebesar Rp1 miliar per tahun untuk Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Jambi dan Rp500 juta per tahun untuk MUI dan FKUB. Selain itu, mereka berencana menaikkan honor bagi ketua RT, lembaga adat, masjid, guru ngaji, petugas jenazah, serta kader posyandu. 
 
“Kami juga akan membuat bangunan yang ada di kota Jambi untuk menampilkan ciri khas budaya Jambi,  dan merencanakan pembuatan buku muatan lokal tentang adat istiadat Kota Jambi," jelas Fauzi. 
 
M. Fauzi mejelaskan bahwa ia tidak menguraikan semu visi dan misi, dirinya hanya menjelaskan terkait dengan dimana mereka memiliki program islamic center. dalam kawasan ini nantinya akan terdapat kantor  Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Jambi, Majelis Ulama Indonesia(MUI) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).
 
" sesuai visi dan misi terkait sebatas lembaga adat melayu makanya kami tidak menguraikan secara detail visi dan misi kami itu seperti apa. Penguatan Lembaga adat melayu yang kami utamakan karena yang mengundang LAM, kalau diuraikan semua panjang bisa satu jam lebih," terangnya.
 
Selain itu, Khusus untuk LAM mereka memiliki program bagaimana LAM kota Jambi ini bisa menjadi percontohan di Provinsi Jambi.
 
" Tak lupa juga pasangan ini akan mendukung program muatan lokal tentang adat istiadat Jambi," pungkasnya.
 
Adapaun kegiatan tersebut diakhiri denagn deklarasi damai oleh kedua Paslon. (ria/akd)