KPU Sarolangun Sukseskan Pelaksanaan Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024

Selasa, 24 September 2024 - 20:02:39


/

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun sukses menggelar deklarasi kampanye damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sarolangun tahun 2024.

Kendatipun kondisi cuaca pagi menjelang siang itu cukup panas dan menyengat, namun jalannya proses kegiatan tetap terlaksana dengan riang gembira, aman dan menyejukkan.

Kegiatan ini berlangsung pada Selasa 24 September 2024 berlokasi di lapangan Gunung Kembang, Kelurahan Sarkam, Kecamatan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun.

Acara diawali dengan atraksi penampilan tarian joged Sarolangun, sepertinya tarian yang diiringi dengan musik, secara spontan merubahkan suasana di lapangan Gunung Kembang menjadi hidup dan menyenangkan para masing-masing pendukung 5 Paslon bupati dan wakil bupati.

Adapun momentum penting yang mewarnai kegiatan pelaksanaan deklarasi kampanye damai yang dihelat oleh KPU, yakni pengucapan janji deklarasi kampanye damai oleh masing-masing 5 pasangan calon bupati dan wakil bupati, kemudian dilanjutkan dengan penandatangan berita acara kesepakatan deklarasi damai, seterusnya pengguntingan tali pita atau pelepasan balon ke udara oleh Pj Bupati Sarolangun, dan terakhir pelepasan pelaksanaan arak-arakan kendaraan roda empat masing-masing Paslon.

Berdasarkan pantauan dilapangan, dari awal kegiatan deklarasi kampanye damai hingga ke penghujung kegiatan, atau hingga selesainya kegiatan arak-arakan, kesemuanya berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.      

Pengucapan janji kampanye damai dipandu oleh Ketua KPU Sarolangun, Ahmad Mujaddid. Pengucapan ini diikuti oleh 5 pasangan calon bupati dan wakil bupati diatas panggung. Adapun 3 point deklarasi kampanye damai sebagai berikut:
Calon bupati, wakil bupati, partai politik pengusul beserta tim kampenye dan para pendukung berjanji,
1, Mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas dan rahasia, jujur dan adil.
2. Melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas, tanpa hoax, tanpa politisasi Sara dan tanpa politik uang.
3. Melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebagai bentuk komitmen dan penguatan atas pengucapan janji kampanye damai disertai dengan penandatangan kesepakatan oleh masing-masing 5 calon bupati dan wakil bupati, Pj Bupati, Kapolres, Ketua Pengadilan Negeri, Kajari, Dandim 0420/Sarko, KPU, Bawaslu dan tokoh masyarakat.

Ketua KPU Sarolangun, Ahmad Mujaddid dalam paparan terlihat cukup ekspresif. Menurutnya, kelima orang pasangan calon bupati dan wakil bupati Sarolangun, merupakan 10 putra dan putri terbaik Kabupaten Sarolangun yang akan dipilih oleh masyarakat 27 November 2024, mendatang.

"Saya mempertegaskan, bahwasanya kegiatan hari ini adalah deklarasi, ini komitmen kita semua, KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, begitu juga pasangan calon untuk sama-sama memperhatikan jalannya proses tahapan kampanye yang dinulai sejak 25 September 2024 samapi 23 November 2024, sehingga benar-benar damai, aman dan sejuk,"tegas Ahmad Mujaddid.

Dikatakan Ahmad Mujaddid, jika KPUsudah mengeluarkan surat keputusan terkait dengan tahapan kampanye, baik itu rapat umum, pertemuan terbatas, dialog, penyebaran alat sosialisasi kampanye dan APK lainnya.

"Alhamdulilah, pasca pengundian nomor urut dilaksanakan pada Senin 23 September 2024, kemarin tidak ada gejolak, baik itu dari rekan Paslon dan lainnya. Kita sadari untuk saat ini, semua tim pendukung saling sahut menyahut dengan bergembira menyebut nama Paslon, alhamdulillah tidak ada saling mengejekkan satu Paslon ke Paslon lainnya. ini luar biasa,"sebutnya.

Hadir dalam kegiatan deklarasi kampanye damai, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Bahri, S.STP, M.Si, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.Ik, M.Si, Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika, SH, MH, jajaran forkopimda Sarolangun, para kepala OPD dilingkungan Pemkab Sarolangun, Para Komisioner KPU Sarolangun, yakni Yuliana, S.S, Edi Zamra, S. EI, Riyandi Kurniawan, SH, Ari Wibowo, S.ST.

Selain itu, pasangan calon bupati dan wakil bupati Sarolangun nomor urut 01 Ir H M. Fauzi, MT-Hj Sahara, nomor urut 02 Drs H Muhammad Madel-Drs Nor Muhammad, SE, MM, nomor urut 03 Tontawi Jauhari, SE, M.Pd.-Drs H A Harris AB, MM, nomor urut 04 H Hillalatil Badri-Aang Purnama, SE, MM dan nomor urut 05 H Hurmin-Gerry Trisatwika,SE.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S