Pesan Pj Bupati Sarolangun di Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Sarolangun

Selasa, 24 September 2024 - 22:12:27


Dr Bahri, S.STP, M.Si
Dr Bahri, S.STP, M.Si /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun, Dr Bahri, S.STP, M.Si mencurahkan pesan dan motivasi yang bersifat positif untuk 5 Paslon dan tim pendukung serta masyarakat diacara deklarasi kampanye damai yang digelar KPU Sarolangun, Selasa (24/09), siang.

Dr Bahri, S.STP, M.Si memaparkan, setelah penetapan proses pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Sarolangun 2024 yang telah dilaksanakan 23 September 2024, saat ini masyarakat Kabupaten Sarolangun telah resmi memiliki Paslon yang akan berkompetisi dalam kontestasi pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024.   

"Hari ini kita lanjutkankan dengan tahapan Pilkada 2024, dengan menggelar deklarasi kampanye damai Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wabup Sarolangun tahun 2024,"ujarnya.

Dijelaskan Dr Bahri, bahwa deklarasi kampanye damai sebagai tahap awal dalam pelaksanaan kampanye yang akan berlangsung mulai Rabu 25 September 2024 sampai dengan Sabtu 23 November 2024 sesuai dengan PKPU Nomor 02 Tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan wakil Wali Kota tahun 2024.   

"Kampanye yang dilakukan oleh Paslon merupakan bagian penting dari proses demokrasi, karena melalui kampanye para Cabup dan Wabup menyampaikan visi dan misi dan program-program kepada masyarakat,"sebutnya.

Disamping itu, kata Dr Bahri, kampanye merupakan sarana bagi Paslon untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat, menjawab pertanyaan dan mendengarkan aspirasi, dan berkampanye juga berfungsi meningkatkan partisipasi pemilih.

Namun, kita menyadari kampanye memiliki potensi untuk menimbulkan ketegangan di tengah masyarakat, apa bila tidak dilaksanakan dengan baik dan bermartabat.

"Saya menegaskan, pentingnya deklarasi kampanye damai sebagai wujud dari komitmen kita bersama dalam menjaga stabilitas politik, sosial dan keamanan selama masa Pilkada Kabupaten Sarolangun tahun 2024,"tegasnya.

Menurut Pj Bupati Sarolangun, deklarasi kampanye damai yang dilaksanakan ini, bukanlah serimonial semata, tapi merupakan janji bersama untuk menebarkan informasi yang akurat dan bertanggung jawab serta tanpa penyebaran hoax yang dapat menyesatkan masyarakat.

"Mari sama-sama kita menjaga keamanan dan ketertiban, baik di dunia nyata maupun di media sosial, menghormati perbedaan pendapat dan menjaga sikap saling menghargai antar pendukung calon, menolak segala bentuk kekerasan baik fisik maupun verbal serta ujaran kebencian yang berpotensi memecah belah persatuan kita,"paparnya.

Kepada para calon kepala daerah dan tim sukses, Pj Bupati Dr Bahri berharap agar dalam berkampanye menempatlan kepentingan masyarakat diatas segalanya, karena menginginkan Pilkada ini menghasilkan bupati dan wakil bupati yang benar-benar dicintai rakyat karena menang dengan cara yang terhormat.

"Laksanakan kampanye tanpa dengan politik Sara, tanpa politik uang, serta melaksanakan kampanye berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta hindari juga pelanggaran-pelanggaran pada saat masa kampanye, seperti lalu lintas, black campaign dan pelanggaran lainnya,"cetusnya.

Dr Bahri mengajak seluruh lapisan masyarakat Sarolangun untuk ikut serta aktif dalam mengawal proses kampanye  dengan cara damai, penuh kebijaksanaan dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi.

"Dengan memohon ridho allah SWT, semoga Pilkada 2024 di Kabupaten Sarolangun berjalan dengan lancar, aman dan damai serta membawa hasil yang terbaik untuk kemajuan Kabupaten Sarolangun yang kita cintai,"tandasnya.

Dikahir sambutan, Dr Bahri berpantun, berjalan pagi di tepi taman, sambil nyapa handai taulan sekalian, Pilkada damai kita harapkan untuk persatuan dan kemajuan.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S