Ahmad Jani, Cik Marleni dan Dedi Ifriyansyah Jabat Pimpinan Definitif DPRD Sarolangun

Rabu, 25 September 2024 - 21:56:19


/

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Ahmad Jani dari Partai Persatuan Pembangun (PPP), Cik Marleni dari Partai Golongan Karya (Golkar) dan Dedi Ifriyansyah dari Partai Amanat Nasional (PAN) resmi menjabat sebagai pimpinan definitif DPRD Sarolangun tahun 2024-2029.

Peresmian pengukuhan ketiga pimpinan DPRD Sarolangun tersebut dilaksanakan melalui rapat paripurna dengan agenda pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Kabupaten Sarolangun tahun 2024-2029, Rabu (25/09) sekitar pukul 10.00 WIB di ruang paripurna DPRD Sarolangun.

Paripurna DPRD Sarolangun dipimpin oleh Wakil pimpinan DPRD sementara, Yusuf Helmi AB SE didampingi Ketua DPRD sementara, Ahmad Jani.

Pengucapan sumpah/janji dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sarolangun, Deka Diana SH MH yang diikuti secara serentak oleh 3 pimpinan DPRD.

Pelaksanaan sumpah/janji mengacu pada Keputusan Gubernur Jambi Nomor 765/KEP.GUB/SETDA.PEM-OTDA/2024 tentang peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi masa jabatan tahun 2024-2029 tanggal 23 September 2024.

Surat Keputusan (SK) Gubernur Jambi dibacakan oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD Sarolangun, Ajra ST.

Ketua DPRD Sarolangun, Ahmad Jani dalam paparan mengungkapan, pimpinan dan anggota DPRD 2024-2024 akan melaksanakan tugas dan fungsi secara maksimal dengan mengacu pada peraturan perundang-undangan berlaku.  

"Berbagai agenda kegiatan di legislatif yang akan dijalankan, baik itu rapat intenal maupun dengan SKPD, dialog interaktif dengan eksekutif, dialog interaktif dengan kelompok masyarakat atau unsur masyarakat, kunjungan kerja serta melakukan reses untuk menampung aspirasi masyarakat,"sebutnya.

Dikatakan Ahmad Jani, kedepan akan menjalankan 3 fungsi DPR, yaitu fungsi legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Fungsi Anggaran dalam hal anggaran daerah (APBD) dan fungsi pengawasan dengan mengontrol pelaksanaan Perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah.

"Selaku pimpinan dan anggota DPRD Sarolangun berharap dukungan seluruh unsur penyelenggara pemerintah daerah Kabupaten Sarolangun. DPRD siap bekerja sama dengan eksekutif, Forkompimda dan stake holder lainnya untuk kemajuan Kabupaten Sarolangun tercinta,"tandasnya.

Hadir, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Bahri, S.STP, M.Si, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.Ik, M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Deka Diana SH MH, Kajari Alfred Tasik Palullungan SH MH, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor Chk Dedy Afrizal, Pj Sekda Ir Dedy Hendri MSi.

Selain itu hadir, para staf ahli bupati, para asisten, Kepala OPD, Ketua TP PKK Sarolangun dan tamu undangan lainnya.  


PENULIS: CHARLES RANGKUTI