Pj Bupati Muaro Jambi Hadiri Launching Sekolah Lansia Tangguh Cemerlang

Rabu, 25 September 2024 - 23:20:04


/

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Penjabat Bupati Kabupaten Muaro Jambi Drs Raden Najmi Dan  Di Dampingi Ketua Tp Pkk Kabupaten Muaro Jambi Habiba Najmi S.E Menghadiri Acara Sekolah Lansia Tanggu Cermelang Bkl Sehat Sejahtera,Yang Bertempat Di Desa Rengas Bandung Kecamatan Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi, Rabu (25/09/2024).

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998 Mendifinisikan Lanjut Usia (Lansia) Adalah Seseorang Yang Telah Mencapai Usia 60 Tahun Ke Atas. Peningkatan Jumlah Penduduk Lansia Seiring Kemajuan Di Bidang Kesehatan Yang Ditandai Dengan Meningkatnya Angka Harapan Hidup Dan Menurunnya Angka Kematian.

Pertumbuhan Jumlah Penduduk Lansia Dapat Menjadi Potensi Pembangunan. Pertumbuhan Penduduk Lansia Di Indonesia Pada Tahun 2024 Diperkirakan Akan Mencapai Lebih Dari 10 Persen,Katanya

Hal Ini Menunjukan Indonesia Sudah Memasuki Era Penduduk Menua Dengan Rasio Tergantungan Lansia Sebesar 17,08, Yang Tratus Orang Penduduk Usia Produktif Menanggung Sekitar 17 Orang Lansia.

Sebagai Tantangan Utama Yang Akan Dihadapi Lansia Adalah Terkait Dengan Finansial Penduduk Lansia, Karena Tidak Banyak Lansia Memiliki Jaminan Hari Tua, Sehingga Secara Ekonomi Banyak Lansia Yang Bergantung Kepada Keluarga Dan Anaknya.

Tantangan Berikutnya Terkait Kesehatan Terutama Pada Negara Berkembang Dan Menengah, Karena Masalah Kesehatan Pada Lansia Akan Berdampak Kepada Keluarga Dan Masyarakat.Ungkapnya

Sikap Prilaku Dan Keterampilan Lansia Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Lansia, Dalam Mewujudkan Lansia Tangguh Yang "Smart" (Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif Dan Bermartabat) Melalui 7 Dimensi Lansia Tangguh, Yaitu: Dimensi Spritual, Dimensi Fisik, Dimensi Emosional, Dimensi Intelektual, Dimensi Sosial Kemasyarakatan, Dimensi Vokasional Dan Dimensi Lingkungan, Sehingga Lansia Bisa Mandiri, Bahagia Dan Sejahtera.

''Hari Ini Kita Hadir Bersama-Sama Di Tempat Ini Dalam Acara Lounching Sekolah Lansia, Tentunya Kami Sangat Menyambut Baik Dan Mengapresiasi Terbentuknya Sekolah Lansia Wujud Sebagai Ini Bentuk Kepedulian, Perhatian Dan Penghormatan. Kita Semua Terhadap Lansia,'' sebutnya.

''Harapan Kami Melalui Pembentukan Sekolah Lansia Ini, Lansia Kabupaten Muaro Jambi Khususnya Lansia Yang Yang Menjadi Siswa Sekolah Ini, Harus Menjadi Lansia Yang Tangguh, Mandiri, Sehat, Aktif, Energik Dan Produktif Dalam Kehidupan.

Karena Ini Adalah Salah Satu Upaya Untuk Menjaga Eksistensi Bangsa Ini. Orang Tua Yang Sudah Berusia Lanjut Adalah Sumber Nasehat Restu Sehingga Dan Dihormati Dan Harus Harus Mendapatkan Perhatian, Kepedulian Dan Kebahagiaan Terutama Dari Lingkungan Keluarga,'' katanya.

Dengan Berdirinya Sekolah Lansia Ini Akan Menjadi Salah Satu Wadah Dalam Membentuk Lansia Tangguh Dan Mandiri. Untuk Itu Pihak-Pihak Terkait Saya Minta Kepada Sekolah Ini Bukan Hanya Sekedar Berdiri Dan Diresmikan Tetapi Juga Progres Programnya Juga Harus Terus Berkembang Dan Semakin Baik.

Dan Materi Yang Disampaikan Kepada Lansia Juga Tidak Hanya Sekedar Mempelajari Aspek Fisik Namun Di Dalamnya Memiliki Keterkaitan Antar Elemen Baik Fisik, Sosial, Psikologs, Ekonomi Dan Spiritual.

Tapi diharapkan Program Kelanjut Usia Sekolah Lansia Ini Tidak Akan Berhasil Tanpa Dukungan Para Pemangku Kepentingan Di Kabupaten Muaro Jambi.

Mudah-Mudahan Program Ini Terus Berkembang Sehingga Sekolah Lansia Ini Dapat Dibentuk di Seluruh Desa Di Kabupaten Muaro Jambi.(akd)