PJ Bupati Sarolangun Dr Bahri Jadi Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024

Selasa, 01 Oktober 2024 - 19:43:25


/

RADARJAMBI.CO.ID, SAROLANGUN – Penjabat Bupati Sarolangun Dr Bahri, S.STP, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila digelar pada Selasa (01/10) di Lapangan Gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun, Kelurahan Sarolangun Kembang, Kecamatan Sarolangun.

Tema Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, yaitu Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.

Seusia pelaksanaan upacara, PJ Bupati Sarolangun Bahri mengatakan, melalui peringatan hari kesaktian Pancasila ini dapat meningkatkan serta menunjukkan komitmen bersama terhadap Pancasila dan UUD Tahun 1945 sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Ini menunjukkan komitmen kita terhadap Pancasila dan UUD 1945, kita harus menjaga dan mempertahankan NKRI. Kita minta generasi muda harus mencintai Pancasila dimana kita ketahui sudah berapa kali terjadi gangguan terhadap Pancasila,” katanya.

Pj Dr Bahri berharap, dengan semangat kebersamaan persatuan dan kesatuan NKRI, dapat mewujudkan komitmen untuk mempertahankan Pancasila dan UUD Tahun 1945 serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dapat diterapkan oleh seluruh lapisan masyarakat Sarolangun khususnya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Pancasila mencerminkan watak negara kesatuan RI, justru itu harus mengamalkan Pancasila.

"Begitu juga di sekolah, sesuai dengan undang-undang, ada kurikulum muatan lokal menjadi kewenangan daerah dan nanti saya bahas dulu dengan dinas pendidikan dan kebudayaan, karena biasanya kurikulum muatan lokal suatu daerah disesuaikan dengan karakteristik atau kebutuhan daerah, terkait penanaman nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda,"tambahnya.

Perlu diketahui, anggota DPRD Sarolangun H Akmal membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila, bahwa dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara,"katanya.

H Akmal juga menyebutkan bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta, 1 Oktober 2024. Atas Nama Bangsa Indonesia Ketua DPR RI, Dr. (H.C.) Puan Maharani,”sebutnya.

Hadir anggota DPRD Sarolangun Riki Angriawan, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.IK, M.Si Danramil 420-04 Sarolangun Mayor Inf Abdul Aziz.

Selain itu hadir juga PJ Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, SH, MH, Kejari Sarolangun, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, S.Ag, TP PKK Sarolangun dan Dharma Wanita Persatuan, Para asisten dan staf Ahli Bupati Sarolangun, Para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Peserta upacara terdiri dari jajaran pegawai, siswa sekolah SMP dan SMA, Personil Polri, Personil TNI, Satpol PP, Dishub, Damkar serta sejumlah tamu undangan lainnya.


PENULIS: CHARLES RANGKUTI
EDITOR: ANSORY S