Pj Bupati Tebo Dampingi Ketua Dekranasda Launching Tiga Motif Batik Tebo

Kamis, 17 Oktober 2024 - 08:39:32


PJ Bupati Tebo bersama Ketua Dekranasda Tebo menyerahkan piala kepada Sekolah Pemenang Penampilan Terbaik peragaan busana batik Tebo
PJ Bupati Tebo bersama Ketua Dekranasda Tebo menyerahkan piala kepada Sekolah Pemenang Penampilan Terbaik peragaan busana batik Tebo /

Radarjambi co.id-TEBO- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tebo ke 25, Dekranasda Tebo memperkenalkan 3 Motif terbaru batik Tebo, Kamis (17/10) malam di arena pameran Tebo Expo 2024 yang digelar dihalam Stadiun Sri Maharaja Batu, Muaro Tebo.

Terlihat Penjabat (PJ) Bupati Tebo, Varial Adhi Putra yang langsung mendampingi ketua Dekranasda Tebo, Hj. Tanti Harvianty menggunakan busana berpasangan bersama ketua Dekranasda Tebo yang terlihat serasi dari batik motif Teluk Kuali, salah satu motif batik Tebo yang diluncurkan.

Sementara motif lainnya yang diperkenalkan motif Danau Sigombak dan motif Pagar Puding Lamo.

"Untuk motif batik yang diluncurkan malam ini sengaja mengambil nama dan tema dari desa yang ada di Kabupaten Tebo, seperti batik Teluk Kuali ini melambangkan desa yang penuh peninggalan sejarah yang tergambar dalam motif batiknya yang bercerita tentang peninggalan sejarah dan tradisi dari Desa Teluk Kuali,"terang Ketua Dekranasda Tebo.

Untuk motif Danau Sigombak, ketua Dekranasda Tebo menjelaskan motif tersebut bercerita tentang keindahan danau Sigombak yang merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Tebo.

" Begitu juga dengan motif Pagar Puding Lamo bercerita tentang Desa Pagar Puding Lamo, dan ketika motif batik Tebo yang diluncurkan hari ini sudah dipatenkan dan didaftarkan ke Dirjen HKI Kemenkumham Republik Indonesia (RI) untuk melindungi pencipta dan hasil ciptaannya,"terang Ketua Dekranasda Tebo lebih lanjut.

Sementara itu PJ Bupati Tebo menegaskan, Pemkab Tebo mensupport langkah yang diambil oleh Dekranasda Tebo tersebut.

"Batik ni merupakan kekayaan Indonesia oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan Nonbendawi(Masterfieces of Humanity) sejak 2 oktober 2009, sudah sewajibnya Pemkab Tebo mendukung, dan semoga kedepannya batik Tebo semakin dikenal masyarakat Tebo instruksikan dan mampu bersaing dengan batik lainnya yang ada di Indonesia,"sebut PJ Bupati Tebo.

Acara ditutup dengan peragaan busana batik Tebo yang diawali oleh PJ Bupati Tebo bersama Ketua Dekranasda Tebo yang diikuti oleh Kajari Tebo bersama Kapolres Tebo, Dandim 0416 Bute yang diwakili Danramil Tebo Tengah, Ketua DWP Tebo, Asisten Setda Tebo, Bujang Gadis Tebo dan ditutup oleh Sekolah yang ada di Kota Muara Tebo.(yan/akd)