Sekretariat Bawaslu Muaro Jambi Jelang Pilkada 2024

Tim Pengabdian Masyarakat FH UNJA Gelar Workshop Strategis

Jumat, 04 Oktober 2024 - 11:07:39


Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen FH UNJA di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi
Pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen FH UNJA di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi /

Radarjambi.co.id, Muaro Jambi– Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pilkada 2024, Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum Universitas Jambi (FH UNJA) mengadakan workshop yang ditujukan bagi Sekretariat Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi. Tim yang diketuai oleh Dony Yusra Pebrianto, dan beranggotakan Akbar Kurnia Putra, Budi Ardianto, Bernard Sipahutar, dan Ramlan yang merupakan dosen di fakultas hukum UNJA ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menangani pelanggaran pemilu yang mungkin terjadi selama proses pemilihan.

Kegiatan yang berlangsung di sekretariat Bawaslu Muaro Jambi dibuka langsung oleh Pimpinan Bawaslu Muaro Jambi, Elfi Prasaty. Dirinya menyampaikan harapan bahwa workshop ini dapat meningkatkan kesiapan dalam menghadapi berbagai tantangan.

Sebagai narasumber, Dony Yusra Pebrianto, Ketua Tim Pengabdian, memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya menjaga integritas dan tertib administrasi dalam pemilu.

“Integritas adalah pondasi dari setiap proses pemilu yang baik. Sekretariat Bawaslu harus berkomitmen untuk menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab demi terciptanya pemilu yang adil dan transparan, ” jelas Dony Yusra Pebrianto.

Dalam workshop ini, peserta diajak untuk mendalami berbagai aspek penting, seperti strategi pengawasan, teknik penanganan pelanggaran, serta penerapan hukum yang relevan. Interaksi aktif antara narasumber dan peserta memungkinkan pemahaman yang lebih baik mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas pemilu.

Melalui kegiatan ini, Sekretariat Bawaslu Kabupaten Muaro Jambi diharapkan dapat meningkatkan kesiapan dan responsivitas dalam menghadapi potensi pelanggaran selama Pilkada 2024. Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan mereka mampu mengatasi setiap tantangan yang muncul dan memastikan proses pemilu berlangsung dengan adil dan demokratis.

Dengan dukungan dari Tim Pengabdian Masyarakat FH UNJA, Bawaslu Muaro Jambi bertekad untuk menjaga integritas demokrasi dan mewujudkan pemilu yang bebas dari kecurangan. Kegiatan ini merupakan langkah konkret untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi masyarakat Jambi, memastikan bahwa suara rakyat benar-benar didengar dan dihargai.

Penulis: Musriah
Editor: Endang