RADARJAMBI.CO.ID - MEDAN, 10 JANUARI 2025, Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui MTXL Axiata menggelar khitan massal khusus anak penyandang disabilitas. Sedikitnya 60 anak yang menyandang disabilitas netra, rungu, daksa, dan grahita (down syndrome) dikhitan di Rumah Difabel Khadijah Sharaswaty Indonesia, Medan, Jum’at (10/1). Kegiatan sosial ini berkolaborasi dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Rumah Difabel Khadijah Sharaswaty Indonesia (KSI), dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan.
Acara ini dihadiri Head Sales XL Axiata West Northern 1, Horas Lubis, Ketua Khadijah Sharaswaty Indonesia (KSI), Dewi Natadiningrat, Pimpinan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumut, Putra Anugrah Pramana, dan Ketua PFI Medan, Riski Cahyadi.
Amir MTXL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya, mengatakan,”Melalui kegiatan ini, kami ingin menunjukkan kepedulian karyawan XL Axiata terhadap anak-anak disabilitas dan memberikan mereka kesempatan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang layak. Khitan merupakan bagian dari kewajiban agama bagi umat Muslim. Kami percaya bahwa setiap anak berhak mendapatkan perawatan yang baik, tanpa terkecuali. Semoga program ini dapat meringankan beban masyarakat yang ingin mengkhitankan anaknya dan semoga menjadi anak yang saleh, serta membawa keberkahan bagi semua pihak yang terlibat.
Donasi dari MTXL Axiata merupakan hasil pengumpulan dana zakat karyawan XL Axiata yang secara rutin dikumpulkan setiap bulan dan dikelolah Majelis Ta’lim XL Axiata untuk disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima. MTXL Axiata berupaya terus sebar kebaikan dan mendorong kolaborasi yang positif bersama pihak lain untuk menjalin silaturahmi dengan kelompok masyarakat dari berbagi kalangan dan memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia. XL Axiata berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama bagi kelompok-kelompok yang membutuhkan perhatian lebih. Kegiatan khitanan ini merupakan salah satu bentuk nyata dari tanggung jawab sosial perusahaan dalam menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung.
Pimpinan IZI Sumut, Putra Anugrah Pramana, mengatakan,”Program khitan massal ini menjadi bukti nyata kolaborasi MTXL Axiata dan IZI dengan berbagai pihak yang membawa manfaat besar bagi masyarakat, sekaligus menebar keberkahan di awal tahun. Sebelumnya MTXL Axiata dan IZI telah melaksanakan Sunatan Massal di Tegal dan Banyuwangi. Kali ini dilaksanakan di Kota Medan, Sumatera Utara, agar manfaat dari kegiatan MTXL Axiata dan IZI juga dirasakan masyarakat di berbagai daerah.”
Khitanan massal di Banyumas dan Tegal
MTXL Axiata juga telah menyelenggarakan kegiatan khitanan massal di dua lokasi lain di Jawa Tengah, akhir Desember 2024 lalu, yakni di Banyumas dan Tegal. Sebanyak 128 anak, terdiri dari 52 anak di Banyumas dan 76 anak di Tegal, mengikuti kegiatan ini. Acara yang bertempat di Griya Sunat Al Rafi, Desa Selandaka, Kabupaten Banyumas, dan Apotek Hidayah, Desa Kalijambe, Kabupaten Tegal, ini bertujuan untuk membantu masyarakat setempat melaksanakan ibadah khitan.
Acara khitanan massal ini tidak hanya fokus pada proses khitan, tetapi juga memberikan pengalaman menyenangkan bagi anak-anak peserta. Kegiatan ini dimeriahkan dengan hiburan khusus untuk anak-anak, serta pemberian bingkisan berisi snack dan perlengkapan ibadah berupa set baju koko dan sarung dengan branding MTXL Axiata. Selain itu, XL Axiata juga membuka booth khusus di lokasi acara untuk memperkenalkan dan membantu proses registrasi new starter pack (SP) kepada keluarga peserta yang hadir. Hal ini merupakan bagian dari komitmen XL Axiata dalam mendukung konektivitas masyarakat sekaligus memberikan edukasi mengenai layanan telekomunikasi.
Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari masyarakat setempat. Para orang tua peserta khitanan massal menyampaikan rasa terima kasih atas inisiatif ini, yang dinilai sangat membantu terutama menjelang akhir tahun. Dengan mengadakan kegiatan ini, XL Axiata berharap dapat terus menjalin kedekatan dengan masyarakat melalui program-program sosial yang membawa manfaat nyata dan mendukung peningkatan kualitas hidup masyarakat.(*)