Pertama di Indonesia Stasiun Penyedia Listrik Umum Hadir di Kota Jambi

Rabu, 24 Januari 2018 - 10:27:51 | dibaca: 364 kali


Walikota Jambi Syarif Fasha bersama Manager PLN Jambi Haris. menghidup Stasiun Penyedia Listrik Umum (foto :Jambi Star/Endang)
Walikota Jambi Syarif Fasha bersama Manager PLN Jambi Haris. menghidup Stasiun Penyedia Listrik Umum (foto :Jambi Star/Endang) /

Radarjambi.co.id, KOTA JAMBI– Perkembangan dan kemajuan teknologi terus membawa dampak perubahan bagi kehidupan manusia, pola dan gaya hidup terus meningkat tajam mengikuti tuntutan zaman. Seperti halnya pada penggunaan peralatan elektronik, menjadi sebuah kebutuhan yang tak terlepas dalam kehidupan sehari-hari. Mobilitas yang tinggi serta kebutuhan elektronik ini tentu juga tidak terlepas dari penggunaan akan sumber daya listrik dimanapun dan kapanpun.

Guna menjamin tersedia dengan baiknya kebutuhan tersebut, PLN saat ini telah memberikan solusi berupa fasilitas akses listrik di ruang terbuka, atau dikenal dengan Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU), yang bisa dimanfaatkan untuk pengisian energi, seperti handphone, pulsa listrik, dan kendaraan motor maupun mobil yang menggunakan tenaga listrik.

Untuk di Kota Jambi sendiri, fasilitas SPLU menjadi pilot project pertama yang dibangun di Pedestrian Jomblo tepatnya di depan Balai Adat Kotabaru Kota Jambi. Peluncuran fasilitas canggih ini pun langsung dilakukan oleh Wali Kota Jambi DR. H. Syarif Fasha pada Selasa (23/1) siang.

Peresmian SPLU ini turut dihadiri oleh General Manager PLN area Sumatera Seletan, Jambi dan Bengkulu Daryono, dan Manager PLN Jambi Haris.

“Kita berupaya memberikan layanan terbaik dan hemat energi bagi masyarakat, salah satunya melalui SPLU, ini tentu lebih hemat energi dan efisien, seperti halnya pada penggunaan motor listrik, tidak menutup kemungkinan nanti di Jambi sudah mulai bisa menerapkan motor listrik, karena fasilitas pengisian dayanya sudah ada di sini, malah lebih hemat,” kata General Manager PLN area Sumatra Seletan, Jambi dan Bengkulu Daryono.

Dirinya juga menjelaskan, fasilitas SPLU dapat dinikmati oleh siapa saja dengan menggunakan kartu uang elktronik (e-money).
“Siapa saja boleh menggunakannya, baik pedagang, pekerja kontruksi, event-event yang sifatnya outdoor, dan masyarakat umum lainnya bisa menggunkannya, dengan cara terlebih dahulu memiliki kartu e-money,” paparnya.

Ia berharapa, kehadiran SPLU di Kota Jambi, bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.“Semoga Jambi menjadi pelopor bagi penggunaan SPLU, sehingga ini membawa manfaat bagi seluruh masyarakat Jambi,” tandasnya.
Sementara itu Wali Kota Jambi DR.H. Sayarif Fasha menyampaikan apresiasiny atas terobosan baru PLN dalam menghadirkan suplai energy listrik seperti SPLU, “Ini tercanggih, variant baru, di Indonesia pertama di pasang di Kota Jambi, jadi kita patut bangga hadirnya terobosan ini,” kata Fasha.

Untuk saat ini, fasilitas SPLU baru dipasang di tiga tempat, yakni di Pedestrian taman Jomblo depan Balai Adat, di taman remaja, dan taman Perumnas,” tahap uji coba ini di pasang di tiga tempat dulu, dan setiap SPLU, Pemerintah Kota akan membantu memfasilitasi berupa penerangan lampu,” katanya.

Fasha juga mengimbau, fasilitas SPLU agar dapat dijaga dan dirawayat bersama oleh masyarakat Kota Jambi, “ini kan dimanfaatkan untuk kita bersama, salah satu PAD terbesarkan juga dari PLN, jadi jangan nanti tidak tahu, dikira ini gratis langsung dicolok tidak mau, langsung dirusak, jangan, pakailah e-money, dan manfaatkan sebaik mungkin,” imbaunya.

Reporter :Endang


Editor: Endang Haryanto