Akses Menuju Ketiga Desa Lumpuh Total, Akibat Akibat Box Ambruk

Minggu, 18 Februari 2018 - 20:16:32 | dibaca: 304 kali


/

Radarjambi.co.idSAROLANGUN-Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir membuat box di jalan poros Desa Rantau Gedang menuju Desa Muaro Lati dan Desa Tanjung Gagak Ambruk.

Akibatnya, akses jalan menuju tiga desa tersebut lumpuh total. Kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (17/2), sekitar pukul 7.00 WIB.

Kades Desa Rantau Gedang, Huspandi saat dimintai keterangan menyebutkan, kondisi box tersebut memprihatinkan. Bahkan, dua kali diusulkan melalui Musrenbang, namun tidak masuk di APBD.

" Box itu, di bangun pada tahun 1993 dan telah layak untuk dibangun baru. Jalan ini adalah salah satu akses satu satunya warga,"sebutnya.

Sementara itu, Camat Bathin VIII Cek Ujang Spd ikut prihatin dengan kondisi tersebut. Ia menilai, ini merupakan akses vital bagi masyarakat.

"Kami sudah berkomunikasi dengan pak Bupati dan beliau merespon poaitif, guna menindaklanjuti itu melalui PU dan BPBD, berkemungkinan anggaran tanggap darurat bisa dikucurkan,"kata ujang.

Kabid Bina Marga PUPR, Hadi Sarosa ST saat di wawancarai mengatakan, pihaknya akan segera mencari solusi alternatif jalan pintas agar akses warga bisa kembali normal.

"Kondisi ini memang sudah parah, jadi ini akan jadi prioritas kami " kata Hadi Sarosa.

Menariknya, pasca ambruknya jalan poros yang berada di Desa Rantau Gedang, warga bersama TNI Polri melakukan kegiatan gotong royong bersama guna membuka jalan setapak alternatif sebagai akses perlintasan warga yang mengendarai roda dua.

"Pemuda bersama TNI dan Polri gotong royong bersama membuka jalan alternatif jalan setapak, kami atas nama pemuda mengucapkan terimakasih atas bantuan pihak TNI dan Polri " kata Bekri Ketua Pemuda Desa Rantau Gedang Minggu ( 18/02 ).

Sementara itu, Kapolres Sarolangun AKBP Dadan Wiralakasan didampingi Kabag Ops, Kompol Agus Saleh beserta jajaran datang mengunjungi lokasi ambruknya Box jalan poros yang berada Di Desa Rantau Gedang Kecamatan Bathin VIII.

Dalam kunjungannya itu, kapolres meminta kepada warga agar bersabar akan musibah yang sedang di alami warga setempat. Selain itu dia juga mengingatkan agar Kepala Desa segera membuat papan merek untuk tidak melintasi jalur tersebut.

"Kami kesini melihat kondisi warga, saya harap tetap bersabar sebab ini adalah musibah mudah mudahan ini akan segera di sikapi oleh pak bupati . Kemudian pak Kades saya minta juga membuat merek jangan melintas di jalur ini khwatir akan ada hal yang tidak diinginkan,"pinta Kapolres.

Penulis : Charles