Setiap Hari Merangin Hasilkan 76 Ton Sampah

Kamis, 14 Maret 2019 - 20:02:00 | dibaca: 35 kali


Ilustrasi
Ilustrasi /

Radarjambi.co.id - BANGKO - Dinas Lingkungan Hidup (LH) terus melakukan upaya menjaga kebersihan dan menjadi Kabupaten Merangin menjadi Kabupaten yang Bersih, Rapi dan Aman, namun demikian petugas Kebersihan mengangkut 76 Ton sampah Setiap Hari.

Sunarto, Kabid Pengelolaan sampah dan dan limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup, mengatakan satu rumah warga di Merangin sekurang kurangnya mengeluarkan dua kilo sampah per hari.

Begitu juga dengan sampah yang keluar dari, perkantoran, rumah makan dan kantin dan sebagainya sehingga banyak mengeluarkan sampah per hari.

"Pamenang 6 ton, Rantau panjang 6 ton, Margo 3 ton perhari, paling banyak kota Bangko dan banyak tempat lain lagi," kata Sunarto. 

Jenis sampah yang dikeluarkan sampah organik dan non organik, sementara Kapasitas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk jangka 10 waktu tahun, sampai saat ini sudh berjalan 5 Tahun, dan masih tersisa waktu 5 tahun lagi untuk penampungan Sampah.

Sementara itu untuk petugas kebersihan Dinas LH mencapai 200 orang, yang terbagi dari sopir, pengangkut, tukang muat hingga sampai tukang sapu.

"Kalau untuk TPA kita masih memiliki lokasi, saat ini jikapun penuh ada lokasi kita masih ada lokasi lain," pungkasnya.

 

 

Reporter : Kasriadi

Editor     : Ansori