ATCS Akan Ditambah

Minggu, 14 April 2019 - 20:29:46 | dibaca: 47 kali


Salah satu simpang di Kota Jambi yang terpasang sistem ATCS
Salah satu simpang di Kota Jambi yang terpasang sistem ATCS /

Radarjambi.co.id - KOTA JAMBI - Saat ini Pemkot Jambi terus mengembangkan Area Traffic Control System (ATCS). Di tahun ini rencananya akan ada tambahan lima simpang lampu merah yang akan dipasang ATCS.

Sehingga di 2021, ditargetkan semua 40 titik simpang lampu merah di Kota Jambi sudah tersambung ATCS secara keseluruhan. Hal ini disampaikan oleh Wakil Walikota Jambi Maulana pada saat membuka forum lalu lintas di kantor Dinas Perhubungan Kota Jambi, Kamis lalu. Kata dia, salah satu hal yang menjadi fokus pembahasan adalah mengatasi macet yang ada di Kota Jambi.

Salah satu caranya dengan memasang ATCS di seluruh simpang lampu merah di Kota Jambi.

“Dengan dipasangnya ATCS dan dilengkapi CCTV, maka kemacetan sedikit demi sedikit bisa diurai. Sebab, dengan sistem ATCS ini, jika ada satu simpang yang macet, maka lampu hijaunya bisa cepat dihidupka. Ada pengaturan khusus agar bisa menghindari macet,” bebernya.

Maulana mengatakan bahwa Forum ini dipandang perlu karena saat ini kota Jambi sudah menjelma menjadi kota besar. Sebab, salah satu tantangan dari kota besar yakni terjadi kemacetan lalu lintas akibat bertambahnya jumlah kendaraan. Hal ini karena kota Jambi menjadi pusat pendidikan, kesehatan, dan aktifitas ekonomi.

“Sesuai dengan visi dan misi walikota dan walikota Jambi mengenai Smart City. Pemkot jambi sengaja membahas Area Traffic Control System (ATCS) di kota Jambi,” ujarnya. 

Disampaikan Maulana bahwa tahun ini, akan ada penambahan lima simpang lagi yang dipasang ATCS. Tahun sebelumnya, sudah ada lima simpang.

“Ada 40 simpang yang ada di Kota Jambi secara keseluruhan. Tahun lalu baru ada 5 simpang yang menggunkan sistem ATCS, tahun ini ditambah 5 ATCS lagi bantuan dari pusat dan APBD, sementara 14 simpang baru memiliki CCTV saja. Mudah mudahan dengan dibantu oleh APBN, maka ditargetkan 2021 nanti semua simpang sudah terkoneksi ATCS. Dengan sistem ini juga bisa menekan angka kriminal di Kota Jambi. Karena semua simpang yang terpasang ATCS dapat terpantau di gedung COC,” ucapnya.

Ditambahkan oleh Saleh Ridho, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi bahwa untuk penambahan ATCS di lima simpang tersebut dibaiayai oleh APBN dan APBD. Ada tiga simpang yang dibiayai APBN dengan anggaran Rp 2 miliar dan 2 simpang dibiayai APBD sebesar Rp 800 juta. “Jadi kita dapat bantuan dari Pemerintah pusat. Sehingga penambahan bisa dilakukan setiap tahunnya,” kata dia.

Lima simpang yang akan dipasang Area Traffic Control System (ATCS) pada 2019 ini adalah di Simpang 3 Mayang, simpang 3 kota baru, simpang 4 makalam, simpang 4 pulai, dan simpang 3 rindu. “Nantinya ATCS ini akan langsung dihubungkan dengan Polresta kota Jambi. Jadi kalau ada kejadian kejahatan atau lainnya, bisa langsung ditindak oleh pihak kepolisian dengan memantau CCTV yang ada,” jelasnya.

Untuk diketahui bahwa tahun sebelumnya di Kota Jambi sudah dibangun ATCS sebanyak 5 simpang.

Di antaranya di Simpang Bata, Simpang mandiri, Simpang Jelutung, Simpang Sukorejo, dan Simpang Bukit Baling. Sementara 14 simpang yang baru dipasang CCTV yakni di Simpang Honda, Simpang kantor camat Kotabaru, simpang lima jelutung, simpang 4 talang banjar, simpang masjid An Nur, Simpang Mayang, Simpang Bukit Baling, simpang Hotel BW, simpang bata, simpang 4 Jelutung, simpang tiga mandiri Gatot Subroto, simpang Bank indonesia, simpang tugu keris, dan simpang 4 Persijam.

“Sebab, tidak semua simpang yang ada CCTV nya itu dipasang ATCS. Kita berharap di 2021 nanti semua simpang yang ada yakni 40 simpang bisa terkoneksi seluruhnya ke ATCS. Ini juga kita terus meminta bantuan dana dari APBN,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Hilman

Editor     : Ansori