KPU Daerah Siap Hadapi Pilkada Serentak

Minggu, 08 Februari 2015 - 18:40:22


/

RADARJAMBI.Co.ID, KOTA JAMBI,- Pemilihan kepala daerah tahun 2016 bakal dilakukan serentak, itu artinya di Jambi selain pemilihan gubernur juga akan dilaksanakan pemilihan bupati/walikota. Untuk pemilihan bupati/walikota di kabupaten dan kota akan digelar sedikitnya 8 kabupaten secara serentak.

Komisioner KPU Provinsi Jambi, Sanusi mengatakan jika DPR RI menyetujui pemilihan bupati dan gubernur dilaksanakan pada Pebuari 2016 mendatang berarti akan dilaksanakan serentak dengan pemilihan bupati.

"Kalau dilaksanakan Pebruari maka akan serentak dengan pemilihan 8 bupati dan walikota," kata Sanusi via ponsel, Rabu (3/2).

Delapan kabupaten yang akan serentak dengan pemilihan gubernur yakni, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Batanghari, Bungo, Sarolangun, Tebo, Muarojambi, Sungai Penuh. Sedangkan untuk Kota Jambi, Merangin dan Kerinci tidak serentak.

Namun menurut Sanusi, pihaknya belum mengetahui apakah semua kabupaten tersebut akan dilaksanakan secara serentak atau tidak.

"Kita belum tau apakah semuanya akan serentak atau hanya sebagian saja," katanya.

Untuk itu, Sanusi mengatakan pihaknya masih menunggu keputusan resmi dari KPU RI berdasarkan hasil revisi Undang-Undang Nomor 1 tahun 2014 oleh DPR-RI.

"Sampai sekarang belum ada keputusan, kita tunggu saja," katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Muarojambi Suparmin SH mengatakan pihaknya siap jika dilaksanakan pemilu serentak di tahun 2016.

"Kita siap jika aturannya demikian," katanya.

Menurut Suparmin, pihaknya sudah membahas rancangan jika dilaksanakan tahun 2016, namun demikian hal itu belum final, karena masih menunggu keputusan dari KPU RI dan koordinasi KPU Provinsi.

Selain itu, Ketua KPU Batanghari Zamani mengatakan pihaknya juga siap jika serentak dilaksanakan tahun 2016.

"Kita siap, saat ini kita terus melakukan komunikasi dengan pemerintah," katanya.

Selain itu, jika diminta pihaknya akan menyiapkan anggaran jika nantinya dilaksanakan serentak.

"Kita lihat jika anggaran ditanggung pemerintah akan kita ajukan, tapi kalau tidak kita lihat lagi," katanya.

Senada, Ketua KPU Tanjung Jabung Barat, Haziq mengatakan pihaknya siap jika dilaksanakan serentak.

"Kita siap," katanya.

Namun, menurutnya dia masih menunggu aturan resmi dari KPU Provinsi berdasarkan aturan KPU RI. Nanti pihaknya akan melakukan koordinasi.

"Soal anggaran juga akan diajukan lagi, soalnya akan beda dengan rancangan sebelumnya," katanya. (zou)