Lagi-Lagi, BNN Cek Urine Narkoba PNS Pemkot

Rabu, 04 Maret 2015 - 09:29:10


Pegawai di Inspektorat saat melakukan pendaftaran untuk ikut jalani tes urine narkoba.
Pegawai di Inspektorat saat melakukan pendaftaran untuk ikut jalani tes urine narkoba. /

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI, JS-Upaya untuk membersihkan pegawai di lingkup Pemkot Jambi terhadap penyalahgunaan narkoba, Pemkot bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jambi, terus melakukan kegiatan tersebut, Selasa kemarin. Giliran Inspektorat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Jambi, pegawainya jalani tes urine narkoba, yang diikuti oleh 74 pegawai.

"Dua dinas tersebut diikuti oleh 38 pegawai dari Inspektorat dan 36 pegawai BKD," ungkap H Abdullah Sani, Wakil Walikota Jambi, di Kantor Inspektorat Kota Jambi.

Sani menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan tes urine tersebut diikuti oleh para pegawai saja, untuk eselon II dan III sudah terlebih dahulu. Namun masih ada yang belum seperti pegawai kontrak dan ada yang izin. Namun dipatikan akan dilakukan tes untuk semua pegawai dilingkup Pemkot Jambi tersebut.

"Hari ini masih ada 20 pegawai transit yang belum, namun pastinya akan dilaksankan tes untuk semua pegawai," terang Sani.

Hingga saat ini, sudah delapan instansi di Pemkot Jambi yang telah melaksanakan tes urine tersebut. Dari kedelapan instansi tersebut yang positif terindikasi yakni sebanyak 29 pegawai. Untuk kelanjutannya, tegas Sani, bahwa setelah adanya data yang didapatkan dari BNN, Pemkot Jambi akan memperdalam hasil temuan.

"Kita nantinya juga akan memperdalam dari hasil temuan BNN, seperti mungkin pegawai hanya memakai ataupun memiliki narkoba tersebut, namun hal tersebut belum kita bicarakan," tutur Sani.

"Untuk sanksi sendiri kita tidak lepas dari aturan yang ada, seperti sanksi penurunan pangkat, nonjob dan bahkan pemecatan jika layak dan sesuai aturan," tegas Sani. (hyy)