Rumor Kodim 0419 Akan Dilebur Mencuat

Senin, 16 Maret 2015 - 21:35:35


Komandan Kodim 0419 Tanjung Jabung, Letkol Inf Freddino Silalahi.
Komandan Kodim 0419 Tanjung Jabung, Letkol Inf Freddino Silalahi. /

RADARJAMBI.CO.ID, KUALATUNGKAL -Rumor yang menyebutkan Kodim 0419 Tanjung Jabung akan dilebur mencua. Kodim yang tadinya membawahi dua Kabupaten Tanjab Barat dan Tanjab Timur, nantinya akan dikembangkan. Dimana untuk Kabupaten Tanjab Timur, akan dibentuk Kodim tersendiri dibawah Korem 042 Garuda Putih (Gapu).

Komandan Kodim 0419 Tanjung Jabung, Letkol Inf Freddino Silalahi, ketika dikonfirmasi tidak menapik adanya wacana pengembangan Kodim.

"Memang wacana kesana sudah ada. Saat ini, untuk Kodim 0419 membawahi dua kabupaten yakni Tanjab Barat dan Tanjab Timur," ujar Dandim 0419 Tanjung Jabung, saat acara silahtuhrahmi dengan sejumlah awak media di Rumdis Dandim, Senin (16/3).

Hanya saja untuk pengembangan Kodim tidak mudah. Sebab, banyak aspek yang harus diperhatikan, terutama pemenuhan sarana dan prasarananya. Seperti bangunan, personil dan prasarana lainnya.

"Semuanya mesti kita siapkan. Salah satunya prasarana pendukung baik bangunan dan personil dan ini memerlukan kepedulian pemerintah daerah setempat,"tegas Freddino.

Memang untuk wacana pengembangan Kodim baru sebatas tingkat menghubungi, sebab selama ini memang untuk Kabupaten Tanjab Timur masih dibawah Kodim 0419.

"Hanya nanti kita akan upayakan dulu pengembangan Koramilnya. Sebab selama ini memang kadang ada Koramil yang membawahi beberapa kecamatan,"terangnya.

Begitu juga Pos Babinsa yang ada nantinya akan dikembangkan juga sebab ini bisa jadi cikal bekal Koramil.

"Idealnya memang satu desa satu babinsa begitu juga Koramil, hanya saja karena keterbatasan personel, kita upayakan personel yang ada sebab sekarang ini tidak ada lagi penambahan personel, hanya mana yang personilnya berlebih akan ditarik untuk menutupi kekurangan anggota," tukasnya. (rum)