Timsel Rektor IAIN Terima Tiga Nama

Rabu, 22 April 2015 - 22:18:21


Kampus IAIN STS Jambi
Kampus IAIN STS Jambi /

Pemilihan Rektor IAIN STS Jambi

RADARJAMBI.CO.ID, KOTA JAMBI -Sempat diulur hingga Juni mendatang, akhirnya panitia Pemilihan Rektor IAIN STS Jambi dibentuk.

Kepada wartawan, Humas IAIN STS Jambi, Abdul Rahman, membenarkan bahwa panitia pemilihan rektor memang sudah dibentuk.

"Benar, kita memang sudah membentuk panitia. Pak Samsu yang terpilih sebagai Ketua Tim Seleksi, dan untuk sekretariatnya juga sudah disediakan ruangan di lantai tiga rektorat," ujarnya.

Ditanya nama-nama yang akan muncul pada bursa pemilihan rektor itu, Rahman mengatakan, bahwa untuk sejauh ini baru tiga nama yang intens muncul sebagai kandidat rektor.

"Sejauh ini baru tiga nama, pak Hadri, bang Suadi, dan pak Hasbi Umar," ungkapnya.

Tiga nama itu juga katanya, sudah tidak asing lagi di IAIN STS Jambi, apalagi ketiganya sudah lama berkiprah di kampus almamater biru tersebut.

Ditanya tentang tahapan pemilihan rektor, Rahman mengatakan, bahwa hal itu bukan kewenangan dirinya. "Tanya langsung pak Samsu saja, dia yang mengerti benar mekanismenya," katanya.

Sayangnya, ketika dihubungi  wartawan, Samsu PhD, yang juga Kepala UPT Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data IAIN STS Jambi, mengatakan, bahwa dirinya belum mau berkomentar tentang tahapan maupun Juklak dan Juknis pelaksanaan pemilihan rektor itu.

"Press release nanti aja yah, kita masih mengkaji Juklak dan Juknis pemilihannya, untuk sementara no comment lah," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pegawai dilingkup IAIN STS Jambi, yang enggan disebutkan namanya mengatakan, tahapan pemilihan rektor itu memang terkesan ditutupi.

Apalagi katanya, sebelumnya santer terdengar ada upaya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengubah statuta IAIN STS Jambi.

"Agak tertutup memang, apalagi sejak ada pihak yang ingin mengubah statuta IAIN beberapa waktu lalu," pungkasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, anggota Senat IAIN STS Jambi, Prof Dr Lias Hasibuan, mengatakan, jika mengacu pada statuta IAIN, memang 6 bulan sebelum habis masa jabatan Rektor, sudah dipilih dan terbentuk panitia pemilihan Rektor. Panitia itu lah nantinya yang akan membuat tahapan-tahapan sebelum dilakukan pemilihan.

Namun diakui, Sekretaris Senat IAIN STS Jambi, Ishak Abdul Aziz, bahwa memang belum ada pembentukan panitia. Tak hanya itu, mekanisme pemilihan juga belum ada.

Ia juga menyebutkan, seharusnya, akhir Maret panitia pemilihan rektor sudah dibentuk. Namun, hingga pertengahan April lalu, panitia pemilihan belum juga dibentuk.(flh)