Asian Agri Beri Pengobatan Gratis Bagi Warga Batanghari

Sabtu, 31 Oktober 2015 - 22:28:19


Warga Batanghari mendapatkan pengobatan gratis dari Asian Agri.
Warga Batanghari mendapatkan pengobatan gratis dari Asian Agri. /

RADARJAMBI.CO.ID, BATANGHARI- Prihatin melihat banyaknya masyarakat yang mengalami gangguan ISPA, akibat kabut asap, Asian Agri kembali lakukan berbagai kegiatan untuk membantu masyarakat sekitar perusahaan.

Head Plantation Asian Agri Wilayah Jambi, Sahrul Hasibuan, mengatakan, bahwa apa yang dilakukan Asian Agri bertujuan untuk dapat turut meringankan beban masyarakat yang terkena dampak asap.

"Dampak asap yang melanda Provinsi Jambi sudah sangat memprihatinkan, dan kami berempati dan merasa harus berbuat sesuatu untuk membantu masyarakat. Oleh karena itu, pada hari ini melalui unit bisnis Asian Agri, PT Inti Indosawit Subur (PT IIS) kami kembali melakukan kegiatan pengobatan gratis, pembagian vitamin, air mineral dan masker," ujarnya.

Sementara itu, Group Manager PT IIS, Muhammad, menyatakan bahwa kegiatan pengobatan gratis ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan khusunya bagi masyarakat yang berada di sekitar operasional PT IIS.

"Pengobatan gratis, pembagian vitamin dan mineral serta pembagian masker kepada para murid-murid sekolah merupakan perwujudan dari program CSR Asian Agri dibidang kesehatan. Harapan kami, seluruh kegiatan yang kita laksanakan pada hari ini dapat benar- benar dirasakan manfaatnya oleh warga," ujarnya dalam sambutan membuka pengobatan gratis yang dilakukan PT IIS.

Adapun kegiatan pengobatan gratis ini dilakukan di Dusun Sialang Pungguk, Desa Muaro Sungoan, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batanghari.

Kepala Dusun Sialang Pungguk, Mansur sangat berterima kasih atas perhatian perusahaan yang telah menunjukan kepeduliannya bagi masyarakat sekitar.

"Dampak kabut yang melanda Dusun Sialang Pungguk membuat jumlah warga yang sakit semakin bertambah banyak, untuk berobat ke puskesmas yang terdekat, warga harus menempuh jarak yang jauh 9 KM, kemudian warga harus menyeberang lewat rakit untuk sampai ke puskesmas, dengan adanya pengobatan gratis ini, warga Dusun Sialang Pungguk tidak perlu berobat ke tempat yang jauh, disini mereka bisa ditangani dokter dan mendapat obat yang gratis. Untuk itu kami sungguh bersyukur atas kepedulian yang telah ditunjukan PT IIS kepada kami," ujarnya.

Dalam melaksanakan pengobatan gratis ini Tim Kesehatan PT IIS juga bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Aro.

dr. Joni, yang merupakan salah seorang dokter Puskesmas Aro yang turut melayani warga mengapresiasi PT IIS Kebun Bulian.

"Respon perusahaan yang turut membantu warga melalui pengobatan gratis ini patut diberi acungan jempol. Sebab perusahaan langsung  respon dan sigap terhadap masyarakat sekitar khususnya dusun sialang pungguk ini," ujarnya.

Kepala Puskesmas, Abdur Rauf mengapresiasi kegiatan ini, karena pengobatan gratis memang hal yang sangat dibutuhkan warga yang terkena dampak asap.

"Asap yang tebal, memicu sakit batuk, dan warga yang telah memiliki penyakit seperti asma, bronkitis kronis, TBC akan memperberat penyakit yang mereka alami.dengan adanya kegiatan ini sangat membantu semua warga desa sialang pungguk terhindar dari penyakit dan bisa hidup sehat dan melakukan aktifitas seperti biasanya lagi," ujarnya.

Acara yang dimulai pukul 08:30 WIB ini berhasil memberikan pelayanan pengobatan gartis kepada 94 orang warga, serta  telah dibagikan 750 buah masker kepada masyarakat dan murid sekolah SDN 185/I.

Reporter: Khotib Syarbini
Editor: Gustav