Lagi, Walikota Jambi Ngapelin Siswa SMKN 2 Kota Jambi

Rabu, 27 Januari 2016 - 09:31:11


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Walikota Jambi, H Syarif Fasha, kembali melakukan kegiatan Ngapelin siswa guna ingin mengetahui kendala yang dialami siswa terutama dalam kegiatan belajar mengajar. Kali ini Walikota Jambi Ngapelin SMKN 2 Kota Jambi. Kegiatan itu diawali dengan upacara bendera bersama dengan siswa/siswi SMKN 2 Kota Jambi.

Dalam arahannya, Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan bahwa mulai tahun ini Indonesia sudah ikut dalam Pasar Bebas ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN atau yang lebih dikenal dengan MEA. Dimana terjadi keterbukaan dibidang ekonomi arus barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil, dan aliran modal yang lebih bebas, agar negara-negara di ASEAN menjadi lebih kompetitif. Negara Indonesia yang memiliki penduduk terbesar di lingkungan negara-negara ASEAN memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi sumber ketersediaan tenaga kerja terampil,  dan kita semua harus melihat ini sebagai suatu tantangan untuk menyediakan tenaga kerja terampil melalui pendidikan yang bermutu.             

Oleh karena itu, Fasha mengingatkan kepada tenaga pendidik atau para guru di Kota Jambi,  khususnya para guru di sekolah kejuruan, mutlak  untuk meningkatkan kompetensi,  baik ilmu pengetahuan maupun keterampilan penunjang lainnya dan dapat memotivasi siswa untuk mandiri dan menjadi siswa yang kreatif serta berjiwa enterpreneur. Selain itu juga dengan tenaga kependidikan atau yang lebih dikenal sebagai staf tata usaha dan administrasi di sekolah.

"Saya menghimbau dan mengajak kita semua untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja karena jika tidak kita mulai dari sekarang maka sebagian besar tugas-tugas ini nantinya akan diambil alih oleh tenaga-tenaga terampil dari negara-negara ASEAN lainnya," jelasnya.

Fasha mengatakan bahwa letak geografis Provinsi Jambi yang sangat strategis,  di persimpangan alur lalu lintas Internasional yang kita kenal dengan SIJORI,  Singapura Johor Republik Indonesia. Untuk itu, semua harus mau tidak mau belajar dan bekerja lebih keras lagi agar segala peluang dan kesempatan yang terbuka lebar dapat di manfaatkan karena kita memiliki kompetensi yang diinginkan oleh pasar. 

"Saya optimis SMK Negeri 2 Jambi yang selama ini telah menunjukkan komitmennya dalam mencetak tenaga terampil," tambahnya.

Fasha mengatakan akan terus berusaha meningkatkan kualitas Peran kepala pendidik, maupun siswa-siswi di sekolah terutama dalam mengelola manajemen sekolah kejuruan yang jauh lebih rumit dan lebih luas cakupannya dibandingkan sekolah menengah umum. Ia juga yakin dengan kerja keras,  koordinasi dan kerjasama yang baik dengan seluruh komponen di lingkungan SMK Negeri 2 akan mampu menjawab tantangan MEA ini.

Dijelaskannya, salah satu faktor penunjang keberhasilan mengelola sumber daya yang ada di lingkungan sekolah adalah rasa persatuan dan kesatuan serta rasa memiliki oleh seluruh warga sekolah.  Peran kepala sekolah dalam hal ini sangat strategis,  dan sebagai manager di sekolah harus mampu menyatukan seluruh warga sekolah mengayomi untuk mencapai visi dan misi sekolah. Karena sekolah terdapat komponen pokok yang tidak dapat dipisahkan dan harus dikelola dan dikoordinasikan dengan baik dengan para pelajar (siswa). 

"Mudah-mudahan dengan kebersamaan yang telah terjalin selama ini SMKNegeri 2 Jambi akan semakin maju dan memiliki banyak prestasi pada masa yang akan datang," katanya.

Diakhir sambutan, Fasha mengatakan bahwa SMK Negeri 2 Kota Jambi sudah banyak mendapatkan penghargaan atas keberhasilan dalam berbagai kegiatan baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional,  namun semua itu hendaknya tidak menjadikan para guru dan siswa berpuas diri.  Untuk itu teruslah belajar dengan sungguh-sungguh,  berkarya,  berkreatifitas dan berkreasi sesuai dengan minat dan bakat, berinovasi menciptakan ide-ide kreatif yang baru dan yang terpenting adalah bagi kita semua untuk tetap menomorsatukan pendidikan karakter agar anak-anak kita,  generasi muda kita agar mampu menjadi individu yang tidak hanya cerdas intelektualnya saja,  tetapi juga cerdas secara emosional,  memiliki keimanan dan ketaqwaan. (advertorial)