Asian Agri Peduli K3, Latih Karyawan Agar Selamat Datang Selamat Pulang

Kamis, 04 Februari 2016 - 19:28:49


Karyawan Asian Agri yang mengikuti pelatihan K3
Karyawan Asian Agri yang mengikuti pelatihan K3 /

RADARJAMBI.CO.ID, KUALATUNGKAL- Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen terhadap sustainability, khususnya penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Asian Agri menyelenggarakan pelatihan dengan tema Strategi penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3), yang diperuntukkan bagi seluruh Ahli K3 Umum Asian Agri yang terdiri dari para asisten kebun dan pabrik.

Pelatihan ini dilaksanakan di salah satu unit bisnis Asian Agri Group, yakni PT Dasa Anugrah Sejati yag berlokasi di Desa Lubuk Bernai Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pelatihan ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pemahaman kepada para Ahli K3 Umum Asian Agri agar dapat diterapkan di wilayah unit kerja masing-masing.

“Penerapan K3 sangat penting dalam kehidupan dan pekerjaan kita sehari – hari, konsepnya datang dengan selamat dan pulang dengan selamat. Diharapkan pelatihan ini dapat mengisi profesionalisme Ahli K3 Umum, sehingga dapat diimplementasikan di masing masing unit kerja masing-masing,"ucap Group Manager, Alison Marbun.

Adapun yang  menjadi narasumber dan instruktur pada pelatihan tersebut pak Edy Saptono, Direktur Asosiasi Profesi Keselamatan Pertambangan Indonesia (APKPI).

Menurut Edy, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesamaan misi, agar penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) dapat tercipta di lingkungan perusahaan Asian Agri Group.

“Penerapan pelatihan safety leadership ini difokuskan untuk penyamaan persepsi di seluruh pimpinan unit, Ahli K3 Umum dan team Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) di Asian Agri yang telah disosialisasikan secara nasional di seluruh perusahaan di Indonesia,"ucap Edy Saptono.

Pada kesempatan tersebut, Edy Saptono, memberikan materi Safety leadership, Strategi Kebudayaan dan Teknik Komunikasi yang bertujuan, untuk membangun pondasi awal kepemimpinan, untuk berjalannya implementasi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, kepada asisten kebun dan pabrik sebagai pemimpin terdepan di masing masing unit kerja. 

Hari kedua pelatihan materi dilanjutkan dengan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja PP 50 tahun 2012, dan menu pelatihan utama Fatality Prevention Element & Occupational Health and Safety (OHS) Improvement, disampaikan sebagai materi penutup Edy Saptono.

Peserta pelatihan, juga mengapresiasi atas pelatihan yang sudah diselenggarakan perusahaan, karena menunjukkan kepedulian perusahaan kepada para karyawannya. 

“Kami merasa bersyukur dan berterima kasih kepada perusahaan, dimana pelatihan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan bagi kami para karyawan/karyawati perusahaan, sehingga kami lebih mengetahui dan lebih peduli untuk mengutamakan keselamatan dan kesehatan kami,” ujar Ismail, Asisten Kepala Pabrik Kelapa Sawit Taman Raja, yang juga menjadi peserta pada pelatihan ini.

Sementara itu, Koordinator Safety Asian Agri, Putu Grhyate Yonata Aksa, mengatakan bahwa pelatihan ini juga merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Asian Agri dalam rangka memperingati Hari K3 Nasional.

“Pelatihan K3 di Jambi ini, merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari K3 Nasional. Sebelumnya hal yang sama juga sudah dilakukan di Riau dan menyusul Sumatera Utara, dengan total jumlah peserta 70 orang.  Tujuannya untuk meningkatkan kembali arti pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja (k3),” ujarnya.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa penetapan bulan K3 Nasional dimulai pada 12 Januari hingga 12 Pebruari 2016.

Reporter: Khotib Syarbini
Editor: Gustav