Pemkot akan Lelang Sejumlah Aset yang Punya Nilai Jual Tinggi

Rabu, 10 Februari 2016 - 18:01:45


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi pada tahun 2016 ini berencana akan melakukan pelelangan sejumlah aset. Namun sebelum dilelang, aset-aset tersebut untuk  dilakukan pendataan terlebih dahulu.

Kepala Bidang Aset pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Jambi, Tri Putra Jaya, mengatakan sebenarnya untuk pelelangan  sudah direncanakan sejak Oktober 2015. Dan pihaknya sudah memberikan surat ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk segera mengusulkan barang yang sudah tidak terpakai untuk dihapuskan dari aset.

"Dari 13 SKPD, ada usulan 89 kendaraan untuk di lelang. Tapi hanya 27 yang memenuhi syarat. Sisanya juga akan dilelang, tapi untuk harganya tidak sama dengan yang lengkap administrasinya,"ujar Tri.

Ditambahkan Tri, pihaknya juga sudah melakukan pemeriksaan pada kendaraan roda dua sebanyak 1.263 unit. Langkah tersebut dilakukan untuk mendata kendaraan yang tidak terpakai dan bisa dilelang. 

Selain roda dua, juga ada kendaraan roda tiga dan empat yang masing-masing sebanyak 67 unit dan 433 unit yang diperiksa. Disebutkannya, pemeriksaan mencakup kelengkapan surat, kebersihan, dan perawatan.

Pendataan juga bertujuan sebagai penataan aset kantor. Pemeriksaan tersebut akan dilaksanakan rutin. Setelah dilakukan pendataan itu, Tri mengatakan pihaknya akan melakukan lelang tahap pertama untuk kendaraan-kendaraan tersebut, rencananya pelaksanaan lelang pada semester mendatang. Selain kendaraan, juga ada peralatan mesin, laptop, dan AC yang masih bisa dimanfaatkan atau memiliki nilai ekonomis, juga akan dilakukan lelang.

"Rencana kita tahun ini dua kali kita akan lakukan lelang," pungkasnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav