Lelang Jabatan Di Pemkot Jambi Resmi Dimulai

Rabu, 16 Maret 2016 - 23:06:42


Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Jambi, Abu Bakar
Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Jambi, Abu Bakar /

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Pemerintah Kota Jambi secara resmi memulai proses  lelang jabatan. Rencananya ada  13 jabatan yang dilelang. Ke tiga belas jabatan yang  dilelang itu adalah Kepala BKD, Kepala Dinas Pendidikan, Sekretaris DPRD, Kepala  Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum. Kemudian Kepala Dinas Pemuda  Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kepala  Dispenda, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan.

“Selain itu, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga  Berencana, Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, serta Kepala  BPMPPT, Kepala Satpol PP juga akan di ganti,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Jambi, Abu Bakar.

Abu Bakar mengatakan, bahwa pengumuman lelang jabatan dimulai sejak  14 Maret 2016.

“Hari ini (Selasa, red) hingga 28 Maret mendatang ini dimulai tahap  pendaftaran,” tambahnya.

Dia menambahkan, seleksi jabatan tinggi pratama ini sesuai dengan  amanah Undang-Undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan peraturan menteri dalam negeri Nomor 13 tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Tinggi Di Pemerintahan.

“Prosesnya kurang lebih memakan waktu sekitar 1 bulan,” imbuhnya.

Seleksi administrasi 28 hingga 30 Maret. Psykotes 4 April. Pengumuman  hasil psykotes 6 April. Penulisan makalah 8 April. “Pengumuman 15 April,” katanya.

Abu Bakar menambahkan, seleksi jabatan ini merupakan seleksi terbuka,  jadi semua daerah dilingkungan Provinsi Jambi dapat ikut mendaftar. Akan tetapi, yang diprioritaskan adalah pegawai dilingkungan Pemerintah Kota Jambi.

“Syaratnya cukup banyak, ada 16 point. Selain administrasi juga ada  syarat kompetensi,” ungkapnya.

Menurutnya, pada tahap pertama ini, baru 13 jabatan yang dilelang di  pemerintah Kota Jambi. Bukan berarti jabatan lain tidak di ganti, akan tetapi ke 13 jabatan itu sesuai dengan kebutuhan Pemkot saat ini.

“Tentunya Pansel juga punya penilaian tersendiri, dan ini tentunya juga  diputuskan saat rapat dan sesuai dengan kebutuhan saat ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Syaiful Huda yang  posisi jabatannya ikut dilelang, mengatakan bahwa dirinya siap mengikuti lelang tersebut. Dari ke tiga belas jabatan yang dilelang tersebut, dia mengatakan tertarik pada jabatan yang diembannya saat ini.

“Karena background saya pendidik, maka saya akan ikut daftar sebagai  Kadis Pendidikan," katanya.

Huda menambahkan, secara persyaratan dia juga sudah melengkapi.

“Syarat mungkin sudah siap, tinggal tunggu petunjuk saja,” jelasnya.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav