DED Pembangunan Wisata Danau Sipin Telah Dirancang

Rabu, 23 Maret 2016 - 21:58:57


/

RADARJAMBI.CO.ID, JAMBI- Walikota Jambi, H Syarif Fasha, mengatakan rancangan Detail Engineering Design (DED) untuk pembangunan destinasi wisata Danau Sipin di kota itu telah dirancang dan pembangunan dimulai tahun 2017.

"DED-nya sudah siap, jadi mungkin tahun depan pembangunan destinasi wisata sudah bisa mulai di bangun," kata Fasha.

Saat ini, katanya, Pemkot Jambi telah menjalin kerjasama dengan TNI guna membersihkan Danau Sipin tersebut, dari tanaman enceng gondok dan kiambang yang menutupi kawasan danau dengan luas sekitar 89,2 hektar itu.

"Kita sedang jalin kerjasama dengan TNI, jadi nanti selama dua bulan danau itu akan dibersihkan dulu," katanya.

Setelah kawasan danau tersebut bersih, nantinya pemerintah akan membangun Jogging Track di pinggiran danau tersebut yang juga sebagai tanda pembangunan awal.

"Yang jelas kita bersihkan dulu, karena danau itu masih banyak ditumbuhi tanaman pengganggu," kata Fasha.

Pemkot Jambi sebelumnya juga telah melakukan kegiatan gotong royong setiap hari Jumat di danau itu. Namun kegiatan tersebut tidak berjalan lagi sehingga memutuskan bermitra dengan pihak TNI.

Kepala Dinas PU Kota Jambi, Hairuddin Pikri, mengatakan, demi mengembalikan keindahan danau yang menjadi Ikon Kota Jambi itu sudah dianggarkan Rp 700 juta untuk biaya pembersihan tanaman pengganggu di kawasan danau tersebut.

Dana tersebut nantinya akan diserahkan ke pihak TNI. Sebab Pemkot menggandeng jajaran TNI untuk pembersihan danau itu.

"Mereka juga ada program seperti itu, jadi kita dukung. Sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan," kata Hairudin Fikri.

Danau Sipin di Kecamatan Telanaipura itu merupakan danau alami yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum di Kota Jambi. Sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan danau memanfaatkan untuk budidaya perikanan kerambah.

Namun saat ini  ini kondisinya sangat memprihatinkan, banyak tumbuhan enceng gondok dan juga kiambang memenuhi danau tersebut. Sehingga kegiatan perikanan dan aktivitas warga lainnya menjadi terganggu.

Oleh sebab itu, Pemkot Jambi berkomitmen akan menata kawasan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata sehingga kawasan tersebut dapat berdampak pada perekonomian warga khususunya di sekitaran danau tersebut.

Reporter: Chandra
Editor: Gustav